get app
inews
Aa Read Next : Viral Siswa Salat Jamaah di Kereta Api, Tuai Pujian Netizen

Profil Mak Rini Bupati Blitar Perempuan Pertama, Terjerat Kasus Sewa Rumdin Terancam Dilengserkan

Jum'at, 03 November 2023 | 12:35 WIB
header img
Profil Mak Rini, Bupati Blitar perempuan pertama, terjerat kasus sewa rumdin. Foto: Instagram

BLITAR, iNewsBlitar.id - Inilah profil Mak Rini atau Rini Syarifah, perempuan pertama yang menjadi Bupati Blitar. Kini, namanya santer disorot lantaran terjerat kasus sewa rumah dinas (rumdin) yang menghabiskan ratusan juta dari APBD.

Selama tahun 2021 dan 2022, Mak Rini lewat Pemerintah Kabupaten Blitar mengalokasikan dana sebesar Rp490 juta untuk menyetujui rumah pribadinya disewakan sebagai rumdin untuk Wakil Bupati Rahmat Santoso.

Kontroversi terkait rumdin Rp490 juta telah secara resmi diajukan oleh Fraksi PAN dan Fraksi PDIP kepada pimpinan dewan untuk diselidiki melalui panitia khusus hak interpelasi. Para anggota dewan mempertanyakan saat mengapa Mak Rini tidak menolak saat rumah pribadinya digunakan sebagai rumdin wakil bupati,

"Kenapa saat rumah saya ditunjuk sebagai rumdin, saya tidak menolak. Jangan, jangan rumah saya, saya merasa tidak nyaman. Ini adalah inti dari percakapannya jika disederhanakan," kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, kepada wartawan pada Selasa (31/10/2023).

Mak Rini dianggap telah terlibat dalam bisnis dengan pemerintahan yang dipimpinnya. Kontroversi semakin memuncak ketika Wakil Bupati Rahmat Santoso mengaku tidak mengetahui seluruh proses ini.

Faktanya, Makde Rahmat tidak pernah tinggal di rumdin tersebut. Selama menjabat, dia tinggal di pendopo kabupaten dan kemudian pindah ke wisma Muradi. Makde Rahmat juga membantah pernyataan Bupati Mak Rini yang mengklaim bahwa semua hal terkait sewa rumdin didasarkan pada kesepakatan bersama.

Lantas siapa sebenarnya Mak Rini atau wanita bernama lengkap Rini Syarifah ini?

Profil Mak Rini Bupati Blitar

Rini Syarifah lahir di Blitar pada 15 Mei 1977. Saat ini usianya masih 46 tahun. Ia menjadi Bupati wanita pertama yang memimpin Kabupaten Blitar.

Rini Syarifah akrab di sapa Mak Rini yang bermakna ibunya orang Blitar, ia mempunyai semboyan Maju Bersama Sejahtera Bersama

Rini maju di dunia politik menjadi Bupati Blitar diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menjabat sejak 26 Februari 2021 setelah dilantik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Mak Rini menikah dengan  Zainal Arifin dan sudah memiliki 2 anak.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut