Logo Network
Network

Ferdy Sambo Resmi Jadi Warga Biasa, Hak Pensiun dan Gelar Punawirawan Dilucuti

Arif
.
Kamis, 22 September 2022 | 11:21 WIB
Ferdy Sambo Resmi Jadi Warga Biasa, Hak Pensiun dan Gelar Punawirawan Dilucuti
Banding Ferdy Sambo Ditolak dan ia resmi menjadi warga biasa (foto: ist),

JAKARTA,iNewsBlitar  Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Joshua Hutabarat resmi menjadi warga biasa setelah upaya bandingnya kalah.

Mantan Kadiv Propam Polri berpangkat Irjen itu telah resmi dipecat tidak hormat dari kepolisian. Ferdy Sambo kehilangan hak pensiun. Ia juga tidak mendapatkan gelar purnawirawan.  

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menegaskan bahwa sidang banding tersebut merupakan langkah hukum terakhir yang dapat dilakukan Sambo.

“Sudah tidak ada upaya hukum lagi kepada yang bersangkutan, ini merupakan komitmen bapak Kapolri untuk segera menuntaskan kasus kasus kode etik di Duren Tiga kemarin,” kata Dedi kepada wartawan.

Ferdy Sambo pun resmi menjadi warga biasa setelah berkas administrasi pemecatan selesai dalam waktu tiga hari kerja. Nantinya, berkas administrasi itu akan diserahkan ke Ferdy Sambo.

“Berdasarkan Pasal 81, itu proses administrasi oleh ASDM selama 3 hari. Setelah itu diserahkan putusannya (ke Ferdy Sambo),” ujar Dedi.

Dedi memastikan, tidak ada seremonial untuk pencopotan pangkat dan pelepasan baju dinas kepolisian dari tubuh Ferdy Sambo.

Dengan begitu Ferdy Sambo tak akan mendapat uang pensiun karena dipecat dari keanggotaan Polri. Sambo juga tak akan dapat gelar purnawirawan karena dipecat secara tidak hormat.

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Agung Budi Maryoto selaku ketua sidang banding mengatakan komisi banding menjatuhkan sanksi etika berupa perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela oleh Ferdy Sambo.

“Komisi banding menjatuhkan sanksi etika berupa perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan sanksi administratif berupa putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) sebagai anggota polri," kata Agung dalam sidang yang digelar di gedung TNCC Mabes Polri, Senin (19/9/2022).

 

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.