Ide Bisnis yang Cocok di Tahun 2022, Nomer 4 Paling Mudah Diterapkan

Qithfirul
Jadi fotografer, bisnis yang cocok untuk anak sekolah dan tak ganggu pelajaran (Foto : Istimewa)

Blitar.iNews.id - Menjadi pengusaha kini sudah menjadi dambaan semua kawula muda. Selain lebih fleksibel dalam manajemen waktu, juga memiliki tantangan yang dianggap seru.

 

Dalam mewujudkan impian menjadi pengusaha, ada baiknya kita mulai dari usaha kecil namun minim resiko. Hal ini bisa menambah pengalaman kita serta dapat menjadi peluang yang menguntungkan.

 

Bahkan tokoh dunia seperti Steve Jobs dan Bill Gates juga mengawali karir bisnisnya dari bawah. Perjalanan bisnis mereka dimulai dari sebuah ruang garasi, dan kini telah menjadi perusahaan raksasa kelas dunia. 

 

Melansir laman resmi Bina Nusantara University, berikut ide dan peluang usaha minim modal yang bisa dicoba milenial dan generasi Z.

 

Peluang Usaha Minim Modal

 

1. Jasa Bimbingan Belajar

Usaha menjanjikan untuk pemula adalah membuka jasa les privat. Bahkan, beberapa orang memulai modal ini dengan Rp 0 alias tanpa uang. Kamu cukup memiliki banyak waktu luang untuk menemani dan mengajari para murid materi yang kamu ahli di bidangnya.

 

2. Social Media Management

Era teknologi digital menuntut setiap pelaku bisnis untuk bermigrasi ke internet marketing. Salah satu kanal internet marketing yang paling banyak dipakai adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan bahkan Tiktok.

 

Bidang ini pun menjadi ladang dalam mencari uang. Sebab, kamu bisa mengelola akun media sosial para pelaku bisnis yang membutuhkannya.

 

Tugas seorang sosial media manager adalah untuk membangun kesadaran bran, membuat dan membagikan konten, serta berinteraksi dengan followers. Menariknya, bisnis ini bisa kamu lakukan secara online dan tanpa modal sama sekali.

 

3. Jasa Fotografi

Jasa ini dulu dikenal dengan modal yang besar karena harus memiliki kamera jutaan rupiah. Tapi kini kualitas handphone tidak kalah bagusnya dengan kamera tersebut.

 

Kamu bisa membuka memotret banyak hal dari handphone dan menjual hasilnya di internet. Hasil jepretan ini bisa kamu jual di microstock seperti ShutterStock, hingga Pixabay untuk mendapatkan keuntungan.

 

4. Jasa Pesan Antar Makanan

Usaha sampingan di rumah modal kecil bisa dilakukan dengan mencoba bisnis kuliner. Namun, tak perlu modal besar karena bisa dibuka khusus melayani take away atau delivery.

 

Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, orang-orang lebih suka membeli makanan take away ataupun delivery.

 

5. Video Production

Ide peluang bisnis dengan minim modal yang bisa coba terakhir adalah shooting dan editing video. Kamu yang jago masalah ini bisa menjadikan ini peluang bisnis tanpa modal lho.

 

Cukup luangkan waktu dengan mengambil video dan melakukan editing video di aplikasi yang biasa kamu gunakan.

 

Jadi, kamu mau pilih ide peluang bisnis dengan minim modal yang mana nih?

Editor : Robby Ridwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network