get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

Blitar Gempar, APK Caleg Pendukung Capres Ganjar Dirusak Rombongan Liar: Perintah Siapa?

Senin, 15 Januari 2024 | 09:04 WIB
header img
Blitar Gempar, APK Caleg Pendukung Capres Ganjar Dirusak Rombongan Liar: Perintah Siapa? . (foto/ist)

BLITAR,iNewsBlitar - Alat peraga kampanye (APK) calon anggota legislatif PPP Kota Blitar Prawoto Sadewo dan APK milik Caleg PDI Perjuangan (PDIP) dirusak sejumlah orang tidak dikenal.

Pengrusakan berlangsung brutal. Dua APK yang berdiri berdampingan di lingkungan Ngrebo Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, dikoyak paksa hingga tinggal separuh.

PPP dan PDIP diketahui merupakan partai politik pendukung pasangan Capres cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pengrusakan yang berlangsung Minggu (14/1/2024) dini hari diduga dilakukan oleh sekelompok orang berkendaraan motor. Dari rekaman CCTV terungkap para perusak APK Caleg PPP dan PDIP Kota Blitar mengendarai sepeda motor, yakni 5 motor.

Jumlah rombongan tak dikenal atau rombongan liar itu disinyalir sekitar 12 orang. Caleg PPP Kota Blitar Dapil Sananwetan Prawoto memutuskan melaporkan peristiwa pengerusakan itu ke Bawaslu.

“Sudah kita laporkan secara resmi ke Bawaslu,” ujar Prawoto Senin (15/1/2024).

Pengrusakan APK Caleg partai pendukung pasangan Ganjar-Mahfud itu berlangsung cepat. APK Caleg PPP Kota Blitar Prawoto Sadewo, yakni wilayah dapil Sananwetan diketahui memakai gambar serial manga Jepang One Piece.

Gambar anime One Piece itu dirobek separuh. Prawoto merupakan Caleg PPP yang berlatar belakang sebagai jurnalis. Sementara APK caleg PDIP Kota Blitar yang berada di sebelahnya, juga mengalami kondisi serupa.

Terungkap dari rekaman CCTV, rombongan perusak datang dari arah Selatan. Belum diketahui pasti apa motifnya. Rombongan tidak dikenal yang disinyalir masih berusia remaja itu, langsung melakukan pengerusakan.

Apakah ada yang memerintah?, atau inisiatif sendiri dengan melakukan aksi secara random?, Prawoto mengaku tidak tahu pasti. Prawoto melalui relawan dan simpatisannya mengklaim telah mengantongi beberapa nopol kendaraan para perusak.

Ia berharap Gakkumdu yang didalamnya terdapat unsur kepolisian dan kejaksaan bisa bertindak tegas. “Karena jika tidak ada tindakan tegas, dikhawatirkan para relawan akan bergerak melakukan pencarian dan main hakim sendiri,” ungkapnya.

Menanggapi laporan dugaan pengrusakan APK, perwakilan Bawaslu Kota Blitar Hasyngari berjanji segera menindaklanjuti laporan. Bawaslu bersama Gakkumdu akan segera bergerak mengusut dugaan perusakan APK di Kota Blitar.

“Tentu kami akan bergerak cepat. Saat ini dilakukan penyelidikan sekaligus melengkapi alat bukti,” ujarnya.  

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut