get app
inews
Aa Read Next : BNNK Blitar Bersama PT KAI Lakukan Tes Urine Pada Pegawai Stasiun Blitar

Imbas Longsor Daop 7 Madiun Alihkan Perjalanan KA Jember dan Surabaya via Lintas Utara

Senin, 04 Desember 2023 | 15:07 WIB
header img
Imbas Longsor Daop 7 Madiun Alihkan Perjalanan KA Jember dan Surabaya via Lintas Utara. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Longsor akibat curah hujan tinggi terjadi di jalur kereta api Karanggandul-Karangsari wilayah Daop 5 Purwokerto Jawa Tengah Senin (4/12/2023).

 

Imbas dari longsor di Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas Jawa Tengah membuat perjalanan kereta api yang melintasi wilayah Daop 7 Madiun Jawa Timur, terganggu.

 

Dua kereta api yang melintas Wilayah Daop 7 Madiun, yakni KA 116 Ranggajati Cirebon – Jember dan KA 18 Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng, terpaksa harus memutar.

 

Perjalanan kedua kereta api terpaksa melewati jalur lintas utara, yakni Cirebon-Semarang- Solo-Madiun.

 

“Kami atas nama manajemen PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat longsor yang menutupi jalur hulu dan hilir di lintas Karanggandul – Karangsari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Daop 5 Purwokerto,” ujar Plh. Manager Humas Daop 7 Madiun, Imanuel Setya Budi Harwanto kepada wartawan Senin (4/12/2023).

 

Longsor terjadi pada Senin (4/12/2023) dini hari sekitar pukul 00.58 Wib dan berimbas pada jalur hilir. Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan sehingga perjalanan KA dialihkan satu jalur melalui hulu.

 

Namun longsor kembali terjadi pada pukul 04.27 WIB. Dilaporkan dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui. Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar lintas utara.

 

Hal ini menyebabkan dua kereta api yang melintas di Wilayah Daop 7 yakni KA 116 Ranggajati Cirebon – Jember dan KA 18 Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng, harus memutar perjalanannya menuju utara, yakni Cirebon – Semarang – Solo – Madiun.

 

Setya menambahkan, KAI saat ini tengah melakukan upaya pemulihan perjalanan kereta api di wilayah tersebut. Penanganan terus dilakukan, yakni baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA. Secara umum wilayah Daop 7 Madiun dalam kondisi aman.

 

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuaca segera membaik dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar,” pungkasnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut