get app
inews
Aa Read Next : Mobil di Blitar Ringsek Ditabrak KA Singasari, Sopir dan Penumpang Selamat

Viral Siswa Salat Jamaah di Kereta Api, Tuai Pujian Netizen

Rabu, 30 Agustus 2023 | 16:28 WIB
header img
Viral Ratusan Siswa Salat Jamaah di Gerbong Kereta Api

BLITAR, iNewsBlitar - Viral disebuah sosial media Tiktok puluhan siswa menjalankan salat berjamaah di Kereta Api. Video ini diunggak akun @ninininanana berdurasi 19 detik.

 

Dalam video ini siswa laki-laki salat di lorong gerbong kereta api, sementara para siswa perempuan salat sambil duduk di bangku kereta api di belakang jamaah laki-laki.

 

Postingan siswa salat di kereta api ini viral dan disukai sebanyak 90,3 K, dikomentari sebanyak 5.950 netizen, diposting ulang sebanyak 4.925. Postingan ini juga dibagikan kepada akun lain sebanyak 7.510 kali.

 

Postingan ini mendapat komentar ribuan netizen yang merasa merinding dan bersyukur dengan edukasi beribadah bisa dilakukan dimanapun. 

 

Pemilik akun @ninininanana menuliskan caption "melihat pemandangan ini saat jadi guru sedang capek-capeknya". Lalu dibagikan narasi yang  dituliskan dengan hastag #sditalhikmahbence. Diketahui bahwa para siswa yang melaksanakan salat berjamah di kereta api ini merupakan siswa SDI Al Hikmah, Kelurahan Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

 

Postingan ini mendapatkan komentar positif dari netizen.  Pemilik akun Senja Puspita Kusuma mengaku kagum dengan postingan ini sembari menuliskan "Masya Allah...Ya Allah berikan putra-putri kami anak Sholeh sholekhah beruntung dunia akherat di semua langkah. Aamiin Ya Rabb"

 

Komentar lain juga muncul dari akun @TantiYusnita yang menulis "Masya Allah kudu mewek seketika. Ya Allah jadikanlah anak2q anak2 yang Sholeh sholekhah...Aamiin". 

 

Meski demikian, ada juga mengomentari berbeda, seperti pemilik akun @fuad Mubarak yang menuliskan bahwa salat bisa dilakukan sambil duduk. Komentar inipun mendapatkan balasan yang mungkin dari lingkup sekolah. Pemilik akun @akun Nana_queen menjelaskan alasan kenapa para siswa laki-laki salat di lorong gerbong dan tidak sambil duduk. Menurutnya jika yang turun itu anak-anak yang duduknya menghadap ke sisi lain. Yang lain duduk. Supaya salatnya tidak berhadapan. 

 

Pihak sekolah membernarkan bahwa yang salat itu merupakan siswa SDIT Al Hikmah. "Wa'alaykumussalam...Nggih betul itu siswa kami, dari SDIT Al Hikmah Bence," jawab Kepala SDIT Al Hikmah Bence, Ustadzah Ihda Nova Seprika melalui aplikasi pesan, Rabu (30/8/2023).

 

Ustadzah Ihda Nova menceritakan, bahwa sebanyak 111 siswa kelas VI SDIT Al Hikmah Bence baru saja melakukan perjalanan keluar kota. Jumlah siswa yang banyak, membuat pihak sekolah memilih untuk memesan satu gerbong kereta api agar para siswa tidak meninggalkan salat berjamaah. 

 

"Itu Salat Jamaah Ashar, saat dalam perjalanan kepulangan dari kegiatan Hikmah Eksplorer dari Tulungagung ke Garum, Blitar.  Pelaksanaan hari Kamis tanggal 24 Agustus 2023," jelas Ustazah Ihda Nova Seprika.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut