get app
inews
Aa Read Next : Wasekjen Timnas Amin, Anggia Ermarini Ajak Semua Orang Awasi Pemilu dan Laporkan Kecurangan

Alhamdulillah, Nikah Bakalan Lancar, Kemenang Rencana Tambah Penghulu

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:23 WIB
header img
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Saeful)

JAKARTA, iNewsBlitar- Jumlah pernikahan di Indonesia setup tahun rata-rata mencapai 2 juta pernikahan per tahunya. Jumlah ini tidak sebanding dengan 8.978 orang penghulu yang ada di Indonesia.

 

Adanya ketimpangan jumlah penghulu dengan jumlah warga yang dilayani, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan penambahan jumlah formasi penghulu. 

 

“Angka ini hanya setengah dari kemampuan untuk melayani pernikahan yang mencapai 2 juta pernikahan serial tahunya,” ungkap Yaqut Cholil Qoumas dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi VIII DPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022). 

 

Ketimpangan jumlah penghulu dengan jumlah pernikahan di Indonesia menjadikan ketimpangan antara pemberi layanan dengan yang diberikan pelayanan. Sebab 8.978 orang penghulu ini,  masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan dua juta peristiwa setiap tahunnya, yang tersebar di 5.901 KUA seluruh Indonesia. 

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menjelaskan bahwa setengah dari jumlah penghulu yang ada saat ini akan memasuki masa purna tugas sebagai ASN. Sehingga dibutuhkan adanya penambahan jumlah penghulu.

 

“Jika dirata-rata akan ada sebanyak 400 orang penghulu yang pensiun setiap tahunnya,” terang dia. 

 

Jika hal ini tidak segera mendapat perhatian, ia memprediksi dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan kekurangan penghulu. Saat ini, Kemenag melalui Ditjen Bimas Islam terus berupaya menambah kuota formasi calon penghulu namun yang diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya. 

 

Berkurangnya jumlah penghulu, kata Yaqut, akan memengaruhi kualitas pelayanan kepada masyarakat. Namun, ia terus berusaha untuk memberikan yang terbaik. 

 

"Kurangnya kuantitas penghulu ini tentu akan mempengaruhi kualitas pelayanan publik yang diberikan pada masyarakat, meskipun begitu kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar dia. 

 

Yaqut pun berharap Komisi VIII DPR sebagai mitra kerja Kementerian Agama bisa mendukung pihaknya dalam merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia. 

 

“Dengan kondisi ini tentunya dukungan dari Komisi VIII akan sangat membantu merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia," tutur dia.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut