Tokoh KNPI Jatim Maju Pilkada Blitar, Relawan Bolone Mase Beri Sinyal Positif

Arif
Tokoh KNPI Jatim Maju Pilkada Blitar, Relawan Bolone Mase Beri Sinyal Positif. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Sejumlah tokoh muda muncul dalam perhelatan Pilkada Blitar Raya 2024.

Di Kota Blitar, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur Himawan Probo Pamungkas resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota di DPC PDIP Kota Blitar.

Himawan yang akrab disapa Wawan siap bersaing memperebutkan surat rekomendasi DPP PDIP dengan para pendaftar lain yang secara usia lebih senior.

Sedangkan di Kabupaten Blitar muncul nama artis Hengky Kurniawan mantan Bupati Bandung Barat Jawa Barat. Hengky resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di DPC PDIP Kabupaten Blitar.

Seperti halnya Ketua KNPI Jatim Himawan Probo Pamungkas. Hengky Kurniawan yang merupakan kader PDIP juga optimistis bakal mendapat rekom dari DPP (PDIP).

Imam Faturrohman, Koordinator Relawan Bolone Mase Blitar Raya menyambut positif munculnya para kandidat muda di Pilkada 2024. Bolone Mase merupakan relawan pemenangan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Berkaca pada Pilpres 2024, kata Imam Faturrohman, kaum muda sudah waktunya memiliki peluang sama dalam politik dan itu dibuktikan dalam Pilpres berhasil merebut estafet kepemimpinan.

Melalui momentum pilkada serentak 2024, situasi kepemimpinan nasional dengan Gibran keluar sebagai pemenang Pilpres sudah selayaknya diduplikasi ke dalam kepemimpinan daerah.

“Kepemimpinan di daerah, yakni dalam konteks Blitar Raya perlu disegarkan. Kaum muda sudah waktunya memimpin, bukan sekedar menjadi pendulang suara,” ujar Imam Faturrohman Rabu (8/5/2024).

Di Pilkada Kota Blitar 2024, Ketua KNPI Jatim Himawan diketahui bersaing dengan Santoso, Sahrul, Bambang Rianto atau Bambang Kawit yang selama ini dikenal sebagai politisi gaek.

Termasuk Himawan, jumlah total pengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP Kota Blitar sebanyak 9 orang. Himawan diketahui merupakan pemuda asli Kepanjen Kidul Kota Blitar.

Meski berusia muda, rekam jejaknya dalam pergerakan sosial politik di organisasi yang ia pimpin cukup panjang. Pada Pileg 2024 Himawan sempat menjajal maju sebagai calon legilastif di Kota Blitar. Sayangnya keberuntungan politik belum berpihak kepadanya.

Sementara di DPC PDIP Kabupaten Blitar hingga 7 Mei 2024, jumlah pengambil formulir pendaftaran bacabup dan bacawabup sudah sebanyak 10 orang.

Di antara nama pengambil ada Haris Sonhaji mantan Wabup Bondowoso, Pengusaha Papua Dipo Wibowo, Ketua KONI Kabupaten Blitar Toni Andreas dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Adi Andaka.

Mengacu pada usia, Hengky Kurniawan merupakan salah satu pengambil formulir yang mewakili golongan muda. Hengky optimistis rekom PDIP akan jatuh ke tangannya.

Menurut Imam Faturrohman, meski menyambut positif majunya kaum muda dalam Pilkada Blitar Raya, sejauh ini Relawan Bolone Mase belum mengerucutkan sikap politik.

Koordinasi dan konsolidasi masih terus dilakukan sambil menjajaki seperti apa figur di Pilkada 2024 nanti, khususnya kandidat yang mewakili suara kaum muda.

Selain muda, populis dan memiliki modal elektoral yang bagus, relawan Bolone Mase Gibran Rakabuming Raka juga akan melihat visi misi yang diusung, yakni apakah sejalan atau tidak.

“Relawan Bolone Mase dalam Pilkada serentak ini ora kesusu, tidak tergesa-gesa. Kita juga menunggu arahan lebih lanjut dari kordinator nasional,” pungkasnya.

Sementara Ketua KNPI Jatim Himawan Probo Pamungkas menyatakan siap memimpin Kota Blitar. Mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP Kota Blitar merupakan bentuk keseriusannya.

Menurut Himawan, pada era kekinian yang serba digital, campur tangan pemuda dalam proses pembangunan sangat diperlukan. “Sudah saatnya yang muda memimpin, mengambil peran dan sumbangsih untuk kemajuan daerah,” ujarnya.

Editor : Solichan Arif

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network