Ini 7 Resolusi Ini Akan Membuat Mimpimu Cepat Tercapai

Qithfirul
Ilustrasi resolusi 2022

Blitar.inews.id - Tahun 2021 sudah berada di penghujung tahun memasuki tahun 2022. Sebagai seorang pelajar, umumnya kita akan mengevaluasi apa saja yang menjadi kesia-siaan yang sudah kita lakukan selama satu tahun. 

 

Selama satu tahun pastinya sudah ada banyak tantangan dan pengalaman baru yang sudah kita hadapi, untuk itu kita perlu mempersiapkan resolusi untuk tahun 2022. Resolusi akan mempermudah kita dalam mencapai tujuan, serta lebih tahu apa yang langkah-langkah yang akan kita persiapkan.

Dilansir dari laman ruangguru.com, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Scranton, setidaknya ada 8% orang yang mampu mewujudkan resolusi dan impianya. Apabila kita ingin menjadi salah satu dari 8% tadi maka ikuti 7 langkah berikut ini.

 1. Lakukan dari hal-hal kecil

Awali semuanya dengan memetakan target yang sederhana dan mampu dilakukan. Karena pada dasarnya hal kecil akan lebih mudah dicapai.

Jangan sekadar menetapkan target yang terlalu ambisius, karena hanya akan membuat kewalahan atau bahkan frustasi. Sebaliknya, dengan menetapkan target yang lebih logis, maka kemungkinan akan memiliki untuk mewujudkan resolusi yang lebih besar. Misalnya, ingin hidup lebih sehat dengan lebih sering berolahraga di tahun yang baru.

Maka, buatlah jadwal berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. Atau bisa dengan mengganti kebiasaan mengonsumsi gorengan dan makanan manis dengan makanan yang lebih sehat seperti yoghurt. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari hal kecil.

2. Buat daftar yang terstruktur dan jelas

Resolusi yang dibuat juga harus jelas dan spesifik. Jangan hanya mengatakan, “Aku ingin menurunkan berat badan” atau “Aku ingin mendapatkan nilai yang lebih bagus”.

Buatlah target, berapa banyak berat badan yang ingin diturunkan atau ingin meraih ranking berapa di semester depan dan sebagainya.Kalimat resolusi yang lebih spesifik akan menjamin hal tersebut bukan hanya wacana, melainkan target yang harus diwujudkan.

3. Beritahu resolusi pada sahabat dan keluarga untuk menciptakan support system

Dukungan dari teman dan keluarga akan membuat komitmen lebih tinggi dalam mewujudkan resolusi. Dr John Michael, seorang ahli filsafat dari Universitas Warwich menyebutkan, tekanan sosial akan membuat kita lebih menepati janji.

4. Buat timeline

Membuat target yang detail, termasuk waktu, penting untuk dilakukan. Namun, tenggat waktu yang dibuat harus realistis juga. Berikan diri sendiri waktu untuk mewujudkannya.

Pecahlah target jangka panjang menjadi target jangka pendek. Jika sudah menetapkan resolusi tahun baru, sekarang saatnya membuat strategi yang detail untuk mewujudkannya.

5. Jangan takut gagal dan mencoba

Jangan langsung patah semangat jika ada kendala. Juga jangan terlalu takut gagal yang bisa menyebabkan resolusinya tidak tercapai. Saat mengalami kegagalan maka berhentilah sejenak dan evaluasi diri. Jika targetnya masih terlalu ambisius, maka cobalah untuk memecahnya menjadi beberapa target yang lebih realistis. Saat merasa jenuh menjalani resolusi, coba buat variasi atau hentikan sejenak.

6. Rencanakan reward untuk diri sendiri saat berhasil meraihnya

Reward atau penghargaan dapat menjadi penyemangat dan membuat tetap fokus untuk mewujudkan resolusi. Misalnya, jika berhasil masuk ke PTN impian, hadiahkan diri sendiri berjalan-jalan ke tempat yang selama ini diimpikan.

7. Sabar dan tekuni proses

Ingat, tidak ada hal yang bisa didapatkan secara instan! Semua tentunya butuh proses dan perjuangan yang harus kamu dijalani dengan sabar. Begitu juga untuk resolusi tahun baru. Perubahan yang dibuat di resolusi tahun baru bisa saja membutuhkan waktu yang lama atau cepat tergantung pada seberapa kuat kamu berusaha mencapainya.

 

Sumber https://edukasi.sindonews.com/read/643065/211/resolusi-tahun-baru-mau-terwujud-simak-7-tips-suksesnya-1640837570?showpage=all

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Robby Ridwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network