get app
inews
Aa Read Next : Viral Siswa Salat Jamaah di Kereta Api, Tuai Pujian Netizen

PKB Kalahkan PDI Perjuangan dan Gerindra di Jawa Timur, Hasil Survei ARCI 2022

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:33 WIB
header img
Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik di Jatim, Kamis (12/5/2022). (Foto: Sindonews/Lukman Hakim).

SURABAYA, iNewsBlitar.id - Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih tertinggi di Jatim. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bahkan mengalahkan PDI Perjuangan yang selama ini mendominasi Jawa Timur. 

Berdasarkan survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), PKB masih teratas dengan elektabilitas 19,9 persen. Sementara PDI Perjuangan berada di urutan kedua dengan angka 16,2 persen. Sedangkan posisi ketiga ditempati Gerindra dengan elektabilitas 14,9 persen.

 "PKB masih teratas, bersaing ketat dengan PDIP di peringkat kedua. Dan Gerindra di peringkat ke-3 ini sewaktu-waktu berpeluang mendekati," kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt di Surabaya, Kamis (12/5/2022).  Baihaki membeberkan, faktor utama PKB berada di peringkat pertama ialah kedekatan partai dengan basis-basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim. "Partai Gerindra saat ini luar biasa sosialisasinya saat ini. Di bawah pimpinan Anwar Sadad, Gerindra masif turun ke bawah, juga sering mendapat porsi pemberitaan di Jatim," katanya. 

 Menurut Baihaki, Gerindra bertarung ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda (Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo dan Probolinggo). Di wilayah ini, kedua partai berebut basis NU. "Gerindra juga bersaing ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda dan berebut suara nahdliyin," ujarnya. 

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut