get app
inews
Aa Read Next : Viral Siswa Salat Jamaah di Kereta Api, Tuai Pujian Netizen

Akan Gelar Pilkades di 22 Desa, Pemkab Blitar Siapkan Rp 1 Miliar

Rabu, 23 Maret 2022 | 22:45 WIB
header img
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Rully Wahyu (iNewsBlitar)

BLITARiNewsBlitar - Pemerintah Kabupaten Blitar menyiapkan Rp 1 miliar untuk menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tahun ini. Pilakdes di 22 desa dari 16 Kecamatan di Kabupaten Blitar akan mulai tahapan pada Juli mendatang.

"Untuk estimasi tahapan mulai Juni mendatang, seperti pembentukan Desk Pilkades, pembentukan panitia dari desa, sampai hari H pelaksanaan pilkades," Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Rully Wahyu , Rabu (23/3/2022).

Rully menegaskan, bahwa untuk pelaksanaan pilkades ini masih belum ditentukan. Saat ini DPMD sedang menyampikan ke Bupati Blitar agar diputuskan untuk ditetapkan. Untuk menyelenggarakan Pilkades serentak di 22 desa anggaran bersumber dari APBD dan APBDes.


Lebih lanjut Rully menjelaskan, anggaran dari APBD disiapkan Rp 1 miliar. Dana itu akan digunakan untuk kebutuhan pendampingan, fasilitasi, dan Desk Pilkades. Sementara dana di APBDes direncanakan untuk persiapan Pilkades serentak di desa masing-masing.


DPMD Kabupaten Blitar sudah mempersiapkan angaran Rp 1 miliar untuk kebutuhan yang sifatnya rapat koordinasi, fasilitasi, sosialisasi, dan dukungan terhadap Desk Pilkades yang terdiri dari beberapa elemen, termasuk OPD terkait. 


Rinciannya desa yang melaksanakan pilkades yakni, Desa Karangrejo Kecamatan Garum. Desa  Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo, Jeblog dan Jebung Kecamatan Talun. Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu, Desa  Wonorejo dan Maron Kecamatan Srengat. 

Desa  Plandirejo Kecamatan Bakung. Desa Gembongan, Bacem, dan Bendo Kecamatan Ponggok. Desa Sanankulon dan Bendowulung Kecamatan Sanankulon. Desa Bangsri Kecamatan Nglegok. Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro. 

Selain itu, Desa Rejoso Kecamatan Binangun, Desa  Tembalang Kecaamatan Wlingi, Desa Jugo Kecamatan Kesamben, Desa Mojorejo Kecamatan Wates, Desa Pohgajih dan Selorejo Kecamatan Selorejo,  Serta Desa Jambewangi Kecamatan Selopuro.
 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut