get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

Cerita Pileg 2024, Terlanjur Loncat Partai Tokoh Pemuda Blitar Hanya Kantongi 279 Suara

Senin, 18 Maret 2024 | 20:27 WIB
header img
Cerita Pileg 2024, Terlanjur Loncat Partai Tokoh Pemuda Blitar Hanya Kantongi 279 Suara. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Pemilu Legislatif (pileg) 2024 telah usai dengan hasil yang bisa diakses semua orang.

Hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Blitar, nama-nama 50 calon anggota legislatif (caleg) yang dinyatakan terpilih dipastikan segera menduduki kursi anggota DPRD periode 2024-2029.

Sebagian anggota dewan yang terpilih itu diketahui para incumbent. Sebagian lainnya berasal dari politisi yang baru pertama kali berkontestasi di pemilu legislatif.

Yang menarik, ada sejumlah nama caleg yang sejak awal diproyeksikan memenangi Pileg 2024. Tidak hanya terpilih. Caleg bersangkutan diharapkan mampu mendongkrak perolehan kursi partai.

Namun kenyataanya, ekspektasi partai politik masih jauh panggang dari api. Salah satunya di daerah pemilihan 3 (Wonodadi, Udanawu dan Ponggok) yang memiliki kuota 8 kursi.

Dari banyaknya caleg yang berlaga, ada nama Hermawan, seoran tokoh pemuda Kabupaten Blitar. Hermawan yang akrab dipanggil Kondo maju melalui PDI Perjuangan (PDIP).

Kondo sebelumnya diketahui sebagai kader Partai Gerindra. Jelang pendaftaran bacaleg 2024, ia berpindah ke PDIP dan resmi mendaftar sebagai bacaleg di KPU Kabupaten Blitar.

Proses pencalegannya diketahui tidak berjalan mulus. Dalam verifikasi faktual, pencalonan Kondo nyaris gagal lantaran KPU menemukan persoalan ijazah.

Pada akhirnya Kondo dipastikan bisa berkontestasi di Pileg 2024. Sayang, perolehan suaranya di dapil 3 Kabupaten Blitar masih jauh dari harapan partai (PDIP).

Mengutip laman pemilu2024.kpu.go.id, perolehan suara Hermawan hanya 279 suara, yakni dengan perincian di Kecamatan Wonodadi sebanyak 22 suara, di Kecamatan Udanawu 56 suara, dan di Kecamatan Ponggok 201 suara.

Hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Blitar menyebut PDIP di dapil 3  berhasil meraih 2 kursi, yakni Edi Sutikno dengan 8.640 suara dan Luqman Indra Laksono dengan perolehan 5.140 suara.

Rekapitulasi KPU menyebut, selain PDIP dengan 2 kursi, di dapil 3 Kabupaten Blitar PKB juga mendapatkan 2 kursi, PAN 1 kursi, Golkar 1 kursi, PPP 1 kursi dan Nasdem 1 kursi.

Perolehan suara tertinggi di dapil 3 dicapai oleh caleg PKB Lutfi Azis dengan 12.400 suara. 

Sementara dikonfirmasi terkait kekalahannya, Hermawan mengatakan dirinya tidak maksimal bergerak dalam Pileg 2024.

Adapun perolehan 279 suara, kata dia merupakan inisiatif dari orang-orang yang berjejaring dengannya. “Saya memang tidak maksimal dalam Pileg 2024,” ujarnya singkat.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut