get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Tulungagung 2024, Membaca Peluang Mbah Pucung Kejatuhan Pulung PDIP

Pilkada 2024: Ambil Formulir, PAC PDIP se-Tulungagung Bulat ke Mbah Pucung

Kamis, 25 April 2024 | 13:36 WIB
header img
Pilkada 2024: Ambil Formulir, PAC PDIP se-Tulungagung Bulat ke Mbah Pucung. (foto/ist)

TULUNGAGUNG, iNewsBlitar – Dinamika politik Pilkada Tulungagung 2024 terus bergerak.

Imam Sopingi atau Mbah Pucung, Kepala Desa Pucung Lor Kecamatan Ngantru resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah di kantor DPC PDIP Tulungagung Rabu (24/4/2024).

Mbah Pucung telah memantapkan pencalonannya melalui PDI Perjuangan (PDIP).

Pengambilan formulir pendaftaran Pilkada 2024 diketahui dilakukan relawan pemenangan didampingi seluruh perwakilan pimpinan anak cabang (PAC) PDIP Tulungagung.

Inggih, sudah ambil formulir pendaftaran di DPC PDIP,” ujar Imam Sopingi kepada iNewsBlitar Kamis (25/4/2024).

Dari pantauan di lapangan, proses pengambilan formulir berlangsung semarak. Sebelum berangkat ke kantor DPC PDIP, para relawan pemenangan dan perwakilan PAC PDIP lebih dulu berkumpul di rumah Mbah Pucung.

Sebanyak 19 PAC PDIP di Tulungagung diketahui bulat menyatakan dukungan kepada Mbah Pucung. Mereka menginginkan Mbah Pucung maju sebagai kontestan Pilkada Tulungagung 2024.    

Dukungan juga mengalir dari 257 kepala desa di Kabupaten Tulungagung. Mereka membentuk relawan pemenangan sekaligus memasang baliho atau alat peraga kampanye (APK) di masing-masing desa.

“Sampai hari ini seluruh APK ada itu dipasang oleh relawan di masing-masing desa,” tuturnya.

Sosok Imam Sopingi atau Mbah Pucung diketahui begitu populer di Kabupaten Tulungagung. Selain menjabat kepala desa (dua periode berjalan), Mbah Pucung juga dikenal sebagai pengusaha yang egaliter.  

Imam Sopingi diketahui memiliki jaringan sosial politik yang luas, yakni baik vertikal maupun horizontal. Dalam setiap perhelatan Pilkada Tulungagung, ia menjadi salah satu tokoh kunci kemenangan.

Begitu juga dalam pemilihan legislatif (Pileg). Tidak heran, Binti Luklukah, istri Mbah Pucung kembali memenangkan Pileg 2024, yakni kembali duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Tulungagung periode 2024-2029 dari PDIP.

Sementara dalam bursa Pilkada Tulungagung 2024, nama Imam Sopingi atau Mbah Pucung diketahui bersaing dengan sejumlah nama lain, di antaranya Kasil Rokhmat, Santoso, Maryoto Bhirowo, Gatut Sunu dan Rifqi Firmansyah.

Menurut Mbah Pucung, proses politik yang ia jalani berangkat dari dorongan bawah. Semua dukungan mengalir natural. Begitu dari hari ke hari kian menguat dan meluas, dirinya mengaku tidak bisa menghindarinya lagi.

Mbah Pucung memutuskan berkontestasi di Pilkada 2024. Kendati demikian ia tidak pernah menganggap calon lain sebagai kompetitor. Baginya semuanya adalah sahabat, dan beberapa di antaranya senior.

“Dukungan yang terus mengalir itu adalah kepercayaan yang harus dijaga. Dan saya tidak pernah menganggap yang lain sebagai pesaing,” ungkapnya.

Sebagai bagian proses politik, Mbah Pucung belum lama ini telah bertemu Pelaksana Harian (Plh) Ketua PDIP Jatim Budi Sulistyono atau Kanang. Ia menegaskan hanya akan mencalonkan diri melalui PDIP.

Bagi Mbah Pucung, PDIP satu-satunya kendaraan politik dan dirinya optimistis akan mendapatkan rekomendasi. “Intinya, rekom jatuh ke siapapun, kami akan memenangkan calon yang diusung PDIP di Pilkada 2024,” tegasnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut