get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024 Koalisi Partai Nonparlemen Kabupaten Blitar Bersatu, Bukan untuk Mak Rini

Wartawan Blitar 'Dibungkam' Gantungkan Id Card di Depan Pendopo Kabupaten Blitar

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 11:41 WIB
header img
Wartawan Mengantungkan Id Card di Pendopo Ronggo Hadinotonegoro (RHN) Kabupaten Blitar bentuk Protes Krisis Kebebasan Pers

BLITAR, iNewsBlitar - Sejumlah wartawan dari berbagai organisasi seperti PWI, IJTI, dan anggota AJI menggelar aksi demo di depan Pendopo Ronggo Hadinotonegoro (RHN), Kabupaten Blitar, Jumat (25/08/2023). Aksi ini buntut dari beberapa kali wartawan di Blitar yang dihalangi saat hendak wawancara Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah.

Mereka datang dengan membawa poster berupa sindiran terhadap Bupati Blitar perempuan pertama di Kabupaten Blitar seperti, Bupati Elit, Wawancara Sulit, Kabupaten Blitar Darurat Kebebasan Pers, dan Bupati Jangan Takut Diwawancarai. Setelah berorasi, Wartawan Blitar Rata juga mengantungkan Id Card mereka di depan papan Pendopo Ronggo Hadinotonegoro.


Wartawan Membentangkan poster saat demo di Pendopo Ronggo Hadinotonegoro (RHN) Kabupaten Blitar bentuk Protes Krisis Kebebasan Pers

"Kami wartawan Blitar Raya menyampaikan pernyataan sikap terbuka terkait dengan penyelenggaraan protokoler Bupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini yang membatasi, menghalangi, bahkan mengintervensi tugas peliputan yang dilakukan oleh wartawan," ungkap Asip Hasani usai berorasi, Jumat (25/08/2023).

Asip menjelaskan, bahwa teman-temannya selam ini mendapatkan halangan dari protokoler saat hendak wawancara. Protokoler ecap kali menghalangi dengan menyampaikan bahwa pertanyaan yang disampaikan oleh teman-temannya di luar konteks acara.

"Kalau misalkan bupati menghadiri acara peresmian jalan, ya hanya mau diwawancarai soal peresmian jalan, soal lainnya tidak boleh," terangnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut