Kembangkan Wisata di Blitar, Ini 4 Jurus Ketua ASIDEWI

Ridwan
.
Rabu, 18 Januari 2023 | 13:40 WIB
Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Andi Yuwono

BLITAR, iNewsBlitar- Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Andi Yuwono menyebutkan empat jurus untuk mengembangkan potensi wisata di Blitar. Menurutnya, Kabupaten Blitar memiliki potensi alam yang bagus sedangkan Kota Blitar  memiliki wisata religi yang menghadirkan dua juta orang setiap tahun.

 

Untuk Kabupaten Blitar, ia menilai memiliki potensi alam yang tidak kalah jika dibandingkan dengan beberapa daerah yang lain. Blitar memiliki bentang alam yang bagus, seperti sisi utara Gunung Kelud dan Gunung Kawi, untuk selatan ada gugusan pantai yang indah.  

 

Menurutnya, penggelolaan yang baik dengan ditunjang dengan mudahnya sarana infrastruktur dapat meningkatkan wisatawan yang datang ke Kabupaten Blitar. “Blitar memiliki bentang alam yang indah, selain gunung berapi dan pantai di Blitar selatan yang lebih dari 30 pantai,” ungkapnya.

 

Andi menjelaskan, untuk mengembangkan pariwisata memerlukan 4A, yaitu aksesibilitas yaitu infratruktur jalan menuju tempat wisata. Kedua yakni amenitas atau daya dukung seperti petunjuk arah dan rambu-rambu. “Termasuk ketersediaan internet ini jadi salah satu ameninitas,” ungkap Andi Yuwono.

 

A ketiga yakni, Atraksi yang berisis sesuatu yang ditampilkan dalam suatu lokasi wisata. Ini untuk mengikat wisatawan agar berlama-lama menghabiskan waktu di suatu lokasi wisata. Keempat yaitu, ancilitas atau sumber daya manusia (SDM). “Kita ini memili SDM yang pinter-pinter untuk mengembangkan pariwisata di Blitar,” tegasnya.

 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini