Logo Network
Network

Di Kota Blitar Berpotensi Ada Kampung Jaranan, Pengen Tahu ini Lokasinya

Ridwan
.
Minggu, 27 November 2022 | 15:50 WIB
Di Kota Blitar Berpotensi Ada Kampung Jaranan, Pengen Tahu ini Lokasinya
Forum Group Discussion (FGD) Disbudpar Kota Blitar dengan berbagai elemen masyarakat di Kota Blitar untuk membangun Kampung Wisata

BLITAR, iNewsBlitar.id Kota Blitar berpotensi memiliki kampung jaranan yang dapat dijadikan pusat pelatihan dan pengembangan kesenian jaranan. Kelurahan ini yakni, Kelurahan Blitar di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

 

Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Andi Yuwono mengatakan, Kelurahan Blitar memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kampung jaranan. Selama ini Kelurahan Blitar sering menampilkan kesenian jaranan di berbagai acara, seperti bersih desa, khususnya di Kelurahan Blitar.

 

Adanya pertunjukan kesenian jaranan yang ditampilkan warga Kelurahan Blitar dapat menarik antusias warga di Blitar. Tidak hanya itu, tampilnya kesenian jaranan saat bersih desa juga dinantikan oleh warga dari berbagai wilayah di Blitar.

 

“Kesenian jaranan yang ditampilkan oleh Kelurahan Blitar ini dinanti-nantikan warga, tapi sayangnya pandemi membuat warga tidak dapat menggelar acara ini secara meriah,” ungkapnya.

 

Pandemi saat ini belum berakhir, namun warga sudah dapat melakukan kegiatan di luar ruangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini dapat dimanfaatkan warga untuk kembali memanfaatkan untuk menggelar kesenian jaranan.

 

Meski demikian, Andi meminta warga untuk dan pemerintah daerah untuk komitmen mengembangkan potensi ini. Konsistensi dari Pemerintah Kota Blitar dan warga Kelurahan Blitar untuk mengembangkan kesenian jaranan dapat menjadikan Kelurahan Kota Blitar menjadi pusat pengembangan jaranan.

 

“Saat ini kan eranya ekonomi kreatif, jadi warganya diminta untuk kreatif dengan dukungan dari pemerintah daerah untuk mengemangkan potensi wisatanya yang akhirnya berdampak juga pada pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, pada 21 November lalu Disbudpar Kota Blitar menggelar Forum Grup Discussion (FGD) dengan berbagai pihak yang dapat membantu pengembangan kampung jaranan di Kelurahan Blitar.

 

FGD ini digelar untuk membangun kamoung wisata yang nantinya mampu membuat wisatawan berlama-lama di Kota Blitar. Wisatawan yang dating ke Kota Blitar tidak hanya berkunjung ke Makam Bung Karno, Istana Gebang, namun juga dapat mengunjungi berbagai kelurahan yang memiliki potensi yang berbeda-beda seperti Kelurahan Blitar dengan potensi kampung jaranan dan Kelurahan Karangsari yang saat ini menjadi Kampung Belimbing di tengah kota.adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini