get app
inews
Aa
Read Next : Jadi Partai Terbuka, PAN Kota Blitar Mendaftar 25 Bacaleg Diiringi 12 Barongan

Pagelaran Seribu Barong akan Hadir saat Bersih Kelurahan Blitar 2023

Kamis, 08 Desember 2022 | 11:39 WIB
header img
Kesenian Barong Seribu akan Tampil saat Bersih Kelurahan Blitar 2023

BLITAR, iNewsBlitar – Sebanyak seribu barong akan hadir saat bersih Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Rencanaya pagelaran seribu barong ini akan dilaksanakan pada 23 Mei 2023 mendatang.

 

Pagelaran ini untuk memperkenalkan seni jaranan khususnya barongan jenis kucingan yang menjadi khas Blitar. Pengiat seni jaranan dari tingkat SD hingga orang umum akan memeriahkan pagelaran ini. “Ini melibatkan semua seniman jaranan dari tingkat pelajar hingga orang dewasa,” ungkap Deni Wahyu Setiawan salah satu penggagas pagelaran ini.

 

Deni menjelaskan, bahwa jaranan ini merupakan salah satu budaya yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, begitu juga di Kota Blitar. Ia ingin memperkenalkan secara luas kesenian jaranan khususnya barongan kucingan di Kota Blitar.

 

Pagelaran ini juga dapat menjadi tujuan wisata baik warga dari dalam maupun luar Kota Blitar. “Ini dapat menjadi destinasi wisata budaya yang ada di Kota Blitar,” tegasnya.

 

Berbagai pengrajin tengah mempersiapkan barongan ini. Barongan akan mulai diproduksi pada Januari dan Februari mendatang. Untuk mempercepat produksi seluruh pengrajin di Kelurahan Blitar akan dilibatkan.

 

Pagelaran ini sejalan dengan program Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar. Pemkot Blitar tengah berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan menggelar beberapa even seni dan budaya.

 

“Pariwisata dan budaya itu harus bersinergi. Kalau seni budaya berkembang maka pariwisata akan sukses. Tanpa pariwisata seni budaya tidak akan tersosialisasikan dengan baik,” ungkap Kepala Disbudpora Kota Blitar, Edy Warsono.

 

Menurutnya, adanya even-even akan menghidupkan Kota Blitar. Even ini diharapkan dapat menjadi tujuan wisata dan menambah khasahah wisata di Kota Blitar.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut