get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

DISBUDPAR Kota Blitar Cetak Pengrajin Barongan Kucingan

Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:03 WIB
header img
Pelatihan Pembuatan Barongan Kucingan

BLITAR, iNewsBlitat.id - Selama tiga hari, 25  27 Oktober 2022, sebanyak 20 warga Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar mengikuti Pelatihan Pembuatan Souvenir. Untuk peserta ibu  ibu membuat souvenir berbentuk makanan tradisional, seperti kue cucur dan lain  lain. Sedangkan untuk peserta laki  laki membuat souvenir berbentuk Barongan Kucingan khas Kota Blitar. Hasilnya, produk souvenir yang dibuat memuaskan, terutama Barongan Kucingan

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, menindaklanjuti usulan masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Blitar tahun lalu. Pelatihnya menghadirkan dari warga sekitar sendiri yang memiliki kemampuan membuat souvenir serupa. Yaitu pengrajin patung  piala dan souvenir dari Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo, Rakeshi Untung Edy Lucky dan pengrajin dumpal etnik dari Kelurahan Blitar sendiri, Nikko Prawira Putra.


Bentuk Barongan Kucingan

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Kadisbudpar Kota Blitar Edy Wasono menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan souvenir ini sebagai upaya mendukung pengembangan Kelurahan Blitar sebagai kampung budaya. 

Banyak tradisi kebudayaan di Kelurahan Blitar yang bisa kita kembangkan. Salah satunya adalah kesenian jaranan yang senimannya tersebar di setiap RT se  Kelurahan Blitar. Pelatihan souvenir, salah satunya berupa Barongan Kucingan ini, untuk semakin menguatkan image Kelurahan Blitar sebagai Kampung Jaranan, kata Edy Wasono.

Souvenir yang dibuat berbahan dasar resin. Sebelum membuat produk, peserta pelatihan terlebih dulu diajari cara membuat cetakan. Setelah cetakan siap, selanjutnya peserta dilatih membuat souvenir sesuai selera. Untuk ibu  ibu praktek membuat souvenir seperti onde  onde, kue cucur, dadar gulung, roti goreng, dan lain  lain. Setelah dicat sesuai aslinya, hasilnya bisa membuat orang terkecoh karena sangat mirip dengan jajanan sungguhan.

 

Hasil praktek peserta pelatihan laki  laki, berupa Barongan Kucingan membuka peluang pasar ekonomi kreatif baru bagi warga setempat. Kelurahan Blitar yang identik sebagai pusatnya kesenian jaranan Kota Blitar, berpotensi untuk semakin populer jika para pengrajin mampu memproduksi dan memasarkan Barongan Kucingan yang mereka buat.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu peserta pelatihan, Agus Jumbo, mengungkapkan keluh kesahnya tentang minimnya promosi terhadap Kelurahan Blitar sebagai Kampung Budaya terutama sebagai pusatnya kesenian jaranan di Kota Blitar. Agus Jumbo juga mempertanyakan bagaimana kelanjutan promosi pemasarannya setelah peserta mahir membuat souvenir Barongan Kucingan?

Menanggapi keluh kesah ini, Kepala Bidang Pengembangan Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabid Parekraf) Disbudpar Kota Blitar, Rita Triana menjelaskan, pemasaran dan promosi bisa memanfaatkan kemudahan penggunaan media sosial maupun cara sederhana konvensional. Barongan  barongan ini bisa dipasarkan dengan cara yang sederhana, tetapi sekaligus bisa semakin menjadi branding  nya Kelurahan Blitar sebagai Kampung Jaranan. Misalnya, barongan  barongan ini bisa diajang di setiap toko palen atau toko kelontong yang ada di Kelurahan Blitar. 

“Jadi, siapapun yang ingin membeli, gampang, cukup datang ke toko  toko palen atau toko kelontong sudah dapat, dengan harga sama dan kualitas sama. Atau, bisa juga dipajang di teras  teras warga. Jika itu bisa dilakukan, maka branding Kelurahan Blitar sebagai Kampung Jaranan akan semakin kuat, terang Rita panjang lebar, di hari terakhir pelatihan seraya memompa motivasi pemasaran peserta. Adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut