get app
inews
Aa Read Next : Cegah Perang Sarung, Satpol PP Kota Blitar Gelar Lomba Ronda Sahur

Jelang Perayaan Imlek 2023, Banyak Orang Blitar Siap-siap ke Luar Negeri

Jum'at, 13 Januari 2023 | 13:42 WIB
header img
Jelang perayaan Imlek 2023 banyak warga Blitar yang mengurus paspor untuk bepergian ke luar negeri (Foto ilustrasi/: Imigrasi Bitung)

BLITAR, iNewsBlitar - Perayaan Imlek atau tahun baru China yang jatuh 22 Januari 2023 mempengaruhi jumlah permohonan paspor di Kantor Imigrasi Blitar, Jawa Timur.

Mulai minggu kedua awal tahun 2023 hingga hari ini, permohonan paspor untuk bepergian ke luar negeri melonjak. Sebanyak 120 kuota antrian per hari yang tersedia dalam layanan M-Paspor Kantor Imigrasi Blitar, ludes.

“Dalam1-2 hari minggu terakhir melonjak (permohonan paspor). Karena tanggal 22 Imlek,” ujar Kepala Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar Abdillah Syafiuddin kepada wartawan Jumat (13/1/2023).

Pada minggu pertama awal tahun 2023, permohonan paspor melalui aplikasi M-Paspor, kata Abdillah sempat terjadi situasi stagnan. Selama beberapa hari tidak ada kenaikan permintaan yang signifikan.

Permohonan pada 120 kuota antrian per hari yang tersedia di layanan M-Paspor, berlangsung landai. Abdillah menilai, hal itu (stagnan) karena dipengaruhi suasana tahun baru 2023.

“Mungkin karena masih suasana tahun baru,” terangnya.

Gejala kenaikan permohonan paspor mulai terlihat pada minggu terakhir ini, yakni jelang perayaan Imlek. Kuota antrian 120 per hari, mendadak ludes. Termasuk tambahan kuota antrian khusus pemohon lansia, disabilitas dan anak-anak, juga habis.

Meski perayaan Imlek mempengaruhi kenaikan permohonan paspor, kata Abdillah permintaan tertinggi di Imigrasi Blitar masih didominasi ibadah umrah. Jumlah pemohon paspor untuk kepentingan ke tanah suci masih yang terbesar.

Hal itu juga ditemui petugas Imigrasi Blitar yang membuka layanan M-Paspor di wilayah Kabupaten Tulungagung. Menurut Abdillah, banyak agen travel umrah yang mengaku sengaja mengejar pemberangkatan pada bulan ketiga atau Maret 2023.   

Hal itu dikarenakan banyak warga yang ingin menunaikan ibadah umrah sebelum bulan puasa ramadan, atau umrah di awal bulan puasa ramadan yang diperkirakan jatuh bulan Maret.  

“Yang terbanyak paspor umrah,” ungkapnya. Besarnya pemohon paspor umrah di Kantor Imigrasi Blitar sudah berlangsung lama. Pada sepanjang tahun 2022, Kantor Imigrasi Blitar telah menerbitkan sebanyak 29.150 paspor.

Selain meningkat 3 kali lipat dibanding tahun 2021, jumlah pemohon paspor umrah masih mendominasi. Pemohon terbesar berikutnya adalah pelaku wisata dan permintaan kerja ke luar negeri (buruh migran).

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut