get app
inews
Aa Read Next : Jelang Perayaan Imlek 2023, Banyak Orang Blitar Siap-siap ke Luar Negeri

Jangan Anggap Remeh, Berikut Bahaya Dehidrasi saat Puasa Ramadhan

Jum'at, 25 Maret 2022 | 18:51 WIB
header img
Bahaya dehidrasi saat menjalankan puasa ramadhan.(Sumber/Global Sadaqah)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Beberapa orang merasa malas minum ketika berbuka atau sahur. Padahal, dehidrasi ini tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang remeh. Tubuh yang mengalami dehidrasi pun bisa menimbulkan berbagai masalah yang dapat mengganggu aktivitas Anda. 

Bahaya dehidrasi saat puasa perlu Anda ketahui agar tetap memenuhi kebutuhan cairan selama Ramadhan. Dehidrasi memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dihadapi saat menjalani puasa Ramadhan. Berikut beberapa bahaya dehidrasi yang bisa terjadi saat puasa.

 

1. Sakit Kepala

Anda mungkin akrab dengan sakit kepala berdenyut yang bisa timbul kapan saja, termasuk saat lagi puasa. Ini mungkin pengingat menyakitkan pertama bahwa Anda belum cukup minum.

Jika Anda mengalami sedikit dehidrasi dalam waktu yang lama (yaitu dehidrasi ringan kronis), sakit kepala yang membuat frustrasi ini dapat mengikuti Anda setiap hari. Solusinya, minum lebih banyak air saat berbuka dan sahur.

 

2. Kram Otot

Efek samping lain yang menyedihkan dari dehidrasi adalah kram otot. Kehilangan air dan elektrolit dalam keringat berkontribusi pada nyeri otot. Kram seperti itu dapat membuat Anda terjaga di malam hari dan mengganggu aktivitas di siang hari.

 

3. Gangguan Kemampuan Olahraga

Meski sedang puasa, namun berolahraga ringan tetap dianjurkan guna menjaga kebugaran tubuh untuk tetap kuat berpuasa. Namun, ketika Anda mengalami dehidrasi, untuk beranjak bangun saja pun Anda mungkin malas, apalagi olahraga.

 

4. Penambahan Berat Badan

Dehidrasi tidak hanya mengurangi kemampuan Anda untuk berolahraga, tetapi juga dapat menghambat upaya Anda untuk menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa cukup terhidrasi cenderung membantu penurunan berat badan dengan menekan keinginan makan dan secara aktif membakar lemak.

 

5. Pandangan Kabur

Mata sedikit seperti kaca depan mobil. Anda harus mengisi cairan pencuci kaca depan Anda atau wiper Anda hanya akan mengotori kaca, dan Anda tidak akan dapat melihat terlalu banyak!

Demikian pula, saluran air mata Anda terus-menerus mendorong air mata keluar ke mata Anda, di mana mereka didorong oleh kelopak mata Anda. Ini membuat mata Anda tetap terlumasi dan menghilangkan kotoran apa pun. Dehidrasi membuat proses ini kurang efektif dan dapat menyebabkan penglihatan kabur.

 

6. Gangguan Mood dan Konsentrasi

Dehidrasi dapat memengaruhi aspek selain kesehatan fisik Anda, seperti suasana hati dan konsentrasi. Satu studi menemukan bahwa menyebabkan dehidrasi ringan pada orang menyebabkan penurunan fungsi kognitif seperti memori dan penilaian.

Studi lain pada wanita muda menemukan bahwa ketika mereka mengalami dehidrasi mereka mengalami gangguan mood dan konsentrasi dan merasa tugas lebih sulit.

 

7. Kesehatan Kulit yang Buruk

Kulit kita adalah organ terbesar di tubuh dan menghadapi berbagai tantangan dari paparan dunia luar. Kulit yang sehat dan terhidrasi memiliki sifat yang disebut "turgor", atau elastisitas. Saat Anda terhidrasi dengan baik, kulit Anda yang terjepit dengan cepat kembali ke bentuk normalnya.

Saat Anda mengalami dehidrasi, kulit bisa kehilangan kemampuan ini dan bisa tetap dalam posisi terjepit saat dilepaskan. Efek lain dehidrasi pada kulit adalah munculnya mata cekung akibat berkurangnya elastisitas ini.

 

8. Masalah Ginjal

Ginjal menyaring limbah metabolisme dari darah kita, mengencerkannya dalam air, dan mengeluarkannya dari tubuh sebagai urin. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menahan air yang tersedia dan Anda menghasilkan lebih sedikit urin, yang tampak lebih gelap karena limbah metabolisme lebih terkonsentrasi.

 

9. Nyeri Punggung

Apakah Anda memiliki hari-hari ketika nyeri punggung atau sendi Anda lebih buruk dari biasanya? Dehidrasi mungkin menjadi penyebabnya. Studi telah menemukan bahwa orang yang mengalami dehidrasi, tingkat nyeri lebih tinggi ketika terkena stimulus yang menyakitkan daripada mereka yang terhidrasi dengan baik.

 

10. Bau Mulut

Saat Anda mengalami dehidrasi, mulut dan lidah Anda bisa menjadi kering. Ini tidak hanya tidak nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan bau mulut.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut