get app
inews
Aa Read Next : Informasi Jadwal Imsakiyah Blitar, Jumat (15/4), Imsak Pukul 04.06, Adzan Maghrib Pukul 17.33 WIB

Sering Pusing Saat Sedang Puasa, Begini Cara Mengatasinya Tanpa Harus Minum Obat

Rabu, 23 Maret 2022 | 19:39 WIB
header img
Cara mengatasi sakit kelapa saat sedang puasa.(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Sebentar lagi umat muslim akan segera menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari persiapan fisik, mental dan batin. Jangan sampai anda mengalami masalah kesehatan saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang adalah sakit kepala atau pusing. Biasanya kondisi ini sering dialami ketika memasuki waktu awal awal di bulan Ramadhan. Keluhan ini pun juga akan sembuh atau hilang dengan sendirinya ketika anda sudah berbuka puasa.

Itu artinya, keluhan sakit kepala disaat menjalankan ibadah puasa dikarenakan tubuh tubuh kekurangan cairan. Tapi, bukan berarti hal ini membuat anda tidak berpuasa, anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa mengatasi keluhan tersebut.

Melansir laman Do Fasting pada Senin (21/3/2022), berikut adalah 5 cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit kepala saat puasa.

  • Tetap Terhidrasi

Bahkan, dehidrasi ringan saja dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Karenanya, Anda harus mengganti cairan yang hilang selama puasa dengan tetap mengonsumsi 8 gelas air per hari. Anda bisa mengakalinya dengan minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

  • Jangan Berbuka Puasa dengan Makan Besar

Mungkin Anda sudah menanti-nantikan waktu berbuka puasa sejak lama. Tetapi, jika saatnya tiba, jangan pernah tergoda untuk balas dendam alias makan terlalu banyak atau dalam porsi besar karena bisa membuat Anda merasa kembung, tidak nyaman, dan lelah.

  • Makan Makanan Padat Nutrisi

Setelah puasa, makanlah makanan yang padat nutrisi dan banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan nutrisi. Diet seimbang sangat bagus untuk menurunkan berat badan, kesehatan secara keseluruhan, dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil

  • Istirahat

Pada hari-hari puasa, hindari melakukan aktivitas berat dan lakukan olahraga yang lebih ringan seperti jalan kaki dan yoga. Olahraga ringan dapat bermanfaat bagi Anda, tetapi selalu dengarkan tubuh Anda. Menghindari makan pada hari-hari puasa bisa jadi sulit terutama jika Anda bosan atau mulai lapar. Kegiatan seperti meditasi dapat membantu mengalihkan perhatian Anda sekaligus membuat Anda merasa lebih tenang pada saat yang bersamaan.

  • Jangan Terobsesi dengan Makanan

Pada hari-hari di mana Anda berpuasa, cobalah untuk tidak terobsesi dengan makanan. Rencanakan banyak aktivitas untuk membuat Anda sibuk agar tidak memikirkan makanan. Pergi menonton film atau membalas email kantor bisa jadi alternatif yang baik.

Meskipun mekanisme pasti yang menyebabkan sakit kepala saat puasa belum ditemukan, diperkirakan bahwa kombinasi penghentian kafein, kadar gula darah rendah, dan dehidrasi pasti berperan. Dengarkan tubuh Anda, minum banyak air dan makan makanan kaya nutrisi selama sahur dan buka puasa untuk menjauhkan sakit kepala yang mengganggu itu.iNews Blitar

 

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut