get app
inews
Aa
Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Sakit Tenggorokan Saat Sedang Jalani Puasa Bikin Nggak Nyaman, Begini Cara Mudah Mengobatinya

Senin, 04 April 2022 | 22:34 WIB
header img
Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa.(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Ketika sedang menjalankan ibadah puasa kita memang dianjurkan untuk selalu dalam kondisi yang fit dan sehat. Namun, tak jarang sesekali kita merasa kondisi kesehatan sedang tidak baik baik saja, seperti sakit tenggorokan, sariawan maupun yang lainnya.

Ketika kita sakit tenggorokan saat sedang jalani ibadah puasa tentu saja membuat kita tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Apalagi, didukung dengan cuaca panas atau terik, ini bisa membuat diri kita semakin tersiksa.

Ketika cuaca sedang panas atau terik, biasanya virus atau bakteri akan menyebabkan pembengkakan di tenggorokan sehingga akan muncul rasa sakit. Ciri-ciri orang yang terkena radang tenggorokan yaitu, suhu tubuh meningkat, tenggorokan menjadi nyeri dan sulit menelan, dinding tenggorokan berubah menjadi merah dan timbul bercak putih, serta kelenjar getah bening yang berada di leher mengalami pembengkakan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Melansir laman Steemit pada Rabu (30/3/2022), berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan selama bulan puasa, yang bisa dilakukan waktu sahur dan berbuka.

1. Vitamin C

Vitamin C yang didapat dari makanan dan minuman tertentu dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Selain mengatasi sakit tenggorokan, kandungan vitamin C juga bisa membuat daya tahan tubuh meningkat. Makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur dan lain sebagainya.

 

2. Bilas dengan Air Garam

Lakukan saat berbuka puasa atau saat sahur. Garam mengandung sifat anti-inflamasi. Yang sifatnya inilah yang mampu mengatasi sakit tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah. Anda cukup memasukkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Untuk hasil yang maksimal tambahkan madu ke dalam campuran tersebut. Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, maka pembengkakan di tenggorokan bisa teratasi.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa membagi waktu minum air putih, apakah itu saat berbuka puasa, malam hari atau sahur. Dengan minum cukup air, tenggorokan tidak akan terasa kering dan rasa sakit akan teratasi.

4. Istirahat yang cukup

Selain cara-cara di atas, untuk mengatasi sakit tenggorokan saat puasa Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Waktu istirahat yang cukup pada malam hari, atau Anda bisa tidur siang sekitar 30 menit. Dengan beristirahat dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit atau virus yang menyebabkannya.

5. Kurangi konsumsi gorengan

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng banyak mengandung minyak, makanan ini sebaiknya dihindari saat sakit tenggorokan agar rasa sakitnya tidak semakin parah.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut