get app
inews
Aa Read Next : 5 Pesilat Muda Ditangkap Usai Bacok 2 Warga, 2 Anak-anak

2 Proyek Mercusuar di Kediri yang Beroperasi Tahun 2023

Senin, 09 Januari 2023 | 08:17 WIB
header img
Dua proyek mercusuar akan segera beroperasi di Kabupaten Kediri pada tahun 2023 ini, yakni Bandara Dhoho Kediri dan Stadion Baru senilai Rp 150 miliar. Foto Ilustrasi. (foto/ist)

KEDIRI, iNewsBlitar – Selain Bandara Dhoho yang segera beroperasi, pada tahun 2023 ini juga akan berdiri sebuah stadion megah di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Stadion senilai Rp 150 miliar akan segera berdiri di wilayah Desa Bulusari Kecamatan Tarokan. Lokasi stadion yang berkonsep Sport, Business and Entertainment (SBE) itu berada tidak jauh dari kawasan Bandara Dhoho Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, stadion yang direncanakan berdiri pada tahun ini tersebut, tidak hanya sebagai gelanggang olah raga. Sesuai konsepnya (SBE), stadion juga akan menjadi ekosistem bisnis dan hiburan untuk masyarakat Kabupaten Kediri.

“Stadion tidak hanya menjadi kawasan olah raga, tapi juga untuk bisnis dan hiburan,” ujar Hanindhito atau biasa disapa Mas Dhito kepada wartawan. Stadion Kediri ini akan berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Sebagaimana gelanggang olah raga besar, stadion akan memiliki berbagai fasilitas penunjang lain.

Pada kawasannya akan terdapat lapangan basket, lapangan tenis, lapangan volley, serta panjat dinding. Kemudian juga arena jogging track yang menyatu dengan taman- taman. Di luar fungsi olah raga, keberadaan stadion juga didesain untuk pagelaran acara seni. Yakni konser musik dan semacamnya.

Kemudian tersedia tempat untuk acara pameran atau ekspo serta berbagai kegiatan komunitas sosial. Disediakan juga area khusus untuk kegiatan bisnis atau ekonomi. Mulai lounge yang nantinya disewakan serta tempat untuk toko retail dan UMKM lokal.

Dengan alokasi anggaran Rp150 miliar dari APBD, Mas Dhito berharap stadion yang berdiri nantinya bisa memberi manfaat besar bagi warga Kediri. Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Kediri Agus Sugiarto menambahkan, proses pembangunan stadion baru Kediri akan berlangsung sekitar 10,5 bulan.

Proses pembangunan stadion dimulai pada bulan Februari 2023. Targetnya, dalam waktu 10,5 bulan pembangunan selesai dan langsung bisa dinikmati masyarakat. “Target pembangunan selesai 10,5 bulan,” tambahnya. Sementara itu, pembangunan Bandara Dhoho Kediri masih terus berjalan.

Bandara Dhoho yang seluruh pembiayaan berasal dari PT Surya Dhoho Investama, yakni anak usaha perusahaan rokok PT Gudang Garam Kediri, ditargetkan akan beroperasi pada bulan Oktober 2023.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut