get app
inews
Aa Read Next : 5 Pesilat Muda Ditangkap Usai Bacok 2 Warga, 2 Anak-anak

Mobil Kas Keliling Bank Indonesia Diserbu Warga, Ada Apa?

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 15:28 WIB
header img
Warga Kediri Menukarkan Uangnya di Mobil Kas Bank Indonesia

BLITAR, iNewsBlitar- Puluhan warga Kediri, Jawa Timur , memadati mobil kas keliling untuk penukaran uang rupiah kertas baru, emisi tahun 2022 yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Total ada lebih dari 600 Miliar uang kertas baru yang akan didistribusikan kepada warga.

 

Sejak pagi, puluhan ini sudah rela mengantre di lokasi penukaran uang rupiah kertas baru emisi tahun 2022 yang digelar oleh Bank Indonesia, di halaman Pasar Setono Betek. Dalam kegiatan ini, warga dapat menukarkan kan uang lamanya dengan uang rupiah kertas baru, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Muhammad Choirur Rofiq mengatakan, mulai hari akan mendiskusikan lebih dari 600 Miliar uang rupiah baru emisi tahun 2022. Jumlah tersebut bukan hanya untuk wilayah Kediri, namun juga beberapa daerah sekitar seperti Ngawi hingga Madiun.

 

“Kami menyediakan 600 miliar uang kertas baru emisi 2022, nantinya akan didistribusikan ke seluruh wilayah kerja KPwBI Kediri,” tutur Muhammad Choirur Rofiq

 

Kepala KPwBI Kediri menambahkan, proses pendistribusian juga dilakukan bertahap di sejumlah tempat. Bank indonesia kediri juga telah menunjuk 5 bank koordinator untuk mendistribusikan uang rupiah kertas baru di 13 kota dan kabupaten.

 

“Untuk pendistribusiannya dilakukan secara bertahap melalui koordinator bank, yaitu BRI, BCA, Mandiri, BNI, dan Bank Jatim,” imbuh Kepala KPwBI

 

Seperti diketahui, dalam momen kemerdekaan ini, Pemerintah dan Bank Indonesia telah menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), kemarin (18/8/2022), meliputi pecahan 100 ribu, 50 ribu, hingga yang paling kecil seribu rupiah. Meski uang rupiah kertas baru telah beredar namun uang kertas lama tetap sah untuk dipakai sebagai alat tukar.

 

Bagi masyarakat yang ini menukarkan uang baru emisi 2022 untuk mendaftar dapat Membuka halaman PINTAR menggunakan HP/laptop yang terkoneksi dengan internet melalui alamat https://pintar.go.id/ pungkas Choirur Rofiq.

 

Berikut cara untuk menukarkan uang baru emisi 2022 : 

 

1. Membuka halaman PINTAR menggunakan HP/laptop yang terkoneksi dengan internet melalui alamat https://pintar.go.id/;

2. Memilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling”;

3. Memilih Provinsi lokasi penukaran yang diinginkan;

4. PINTAR akan menampilkan daftar lokasi, tanggal, dan waktu pelaksanaan kas keliling yang tersedia dan dapat dipilih;

5. Memilih lokasi yang diinginkan selama kuota masih tersedia dengan memilih tombol “Pilih”;

6. Melakukan pengisian data pemesanan seperti NIK KTP, nama, nomor telepon, dan memilih jenis dan jumlah uang yang ingin ditukarkan;

7. Memperoleh bukti pemesanan penukaran yang ditunjukkan kepada petugas saat melakukan penukaran. Penukar harus sama dengan identitas pada KTP yang didaftarkan;

8. Setiap penukar dapat menukarkan minimal 1 (satu) paket (total Rp200.000,-) dan maksimal 5 (lima) pake (total Rp1.000.000,-). Setiap paket terdiri dari:

a. Rp100.000,- (1 lembar);

b. Rp50.000,- (1 lembar);

c. Rp20.000,- (1 lembar);

d. Rp10.000,- (1 lembar);

e. Rp2.000,- (4 lembar);

f. Rp1.000,- (2 lembar).

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut