get app
inews
Aa Read Next : Identitas Pilot Helikopter P-1103 yang Angkut 4 Personel Hilang Kontak

Pemasangan Lift Jembatan Ampera dapat Penolakan dari Ahli Cagar Budaya

Kamis, 17 November 2022 | 23:35 WIB
header img
Pemasangan lift di Jembatan Ampera mendapatkan penolakan. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNewsBlitar.id - Jembatan Ampera yang menjadi ikonik Kota Palembang akan dipasangkan lift pada Desember 2022 mendatang. Menanggapi hal tersebut, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Palembang dan TACB Sumatera Selatan tidak menyepakati rencana tersebut.

Aufa Syahrizal, Ketua TACB Sumsel pada Kamis (17/11/2022) mengatakan jika pemasangan Iift tersebut nantinya hanya akan berdampak pada landmark Kota Palembang.

"Ampera salah satu cagar budaya, saya rasa apabila dipasang lift atau mengubah konstruksi jembata, justru akan merusak bangunan," terang Aufa.

Diketahui, Jembatan Ampera saat ini sedang direvitalisasi oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumatera Selatan. Tak hanya dicat, pada bagian menara jembatan juga akan dipasang lift.

Menurut Aufa, BBPJN Sumsel seharusnya minta masukan dan berkomunikasi terlebih dulu dengan TACB, karena setiap cagar budaya sudah dilindungi Undang-Undang Cagar Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel ini menegaskan, rencana pemasangan lift tersebut diharapkan tidak bernasib seperti kasus Pasar Cinde yang terbengkalai hingga saat ini, hanya karena kepentingan oknum yang tidak melibatkan TACB dan mengabaikan undang-undang Cagar

"Jujur, saya kurang sependapat kalau dipasang lift di Ampera. Artinya pemasangan lift itu akan mengubah konstruksi Ampera dan tentunya akan mempengaruhi status Ampera sebagai salah satu Cagar Budaya di Kota Palembang," katanya.

Senada dikatakan Ketua TACB Palembang, Retno Purwati. Menurutnya, Jembatan Ampera yang sudah berusia lebih dari setengah abad tersebut berstatus sebagai Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang memenuhi kriteria cagar budaya.

"Seingat saya Jembatan Ampera sudah didaftarkan di registrasi nasional. Untuk selanjutnya dikaji oleh TACB untuk direkomendasikan kepada wali kota untuk ditetapkan sebagai struktur cagar budaya tingkat kota," katanya.

Menurutnya, selama proses tersebut masih berjalan maka penambahan sesuatu di dalamnya harus melalui kajian pelestarian sesuai dengan pasal 11 UUCB nomor 11 tahun 2010, bahwa ODCB harus diperlakukan sama dengan cagar budaya.

"Ada beberapa catatan untuk menolak pemasangannya lift tersebut seperti kemungkinan kerusakan keaslian struktur, keaslian arsitektur, merusak citra sebagai bangunan landmark kota dan gangguan lalu lintas serta kebutuhan parkir tidak terpenuhi," katanya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut