get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Tahukah Kamu Apa itu G20, Sejarah dan Tujuannya? Simak Rangkumannya!

Selasa, 15 November 2022 | 23:16 WIB
header img

BALI, iNewsBlitar.id - Saat ini, Indonesia untuk pertama kalinya memegang Presidensi G20. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia tengah berjalan pada 15-16 November 2022 di Bali.

Acara tersebut merupakan puncak rangkaian dari agenda G20 selama Presidensi G20 di Indonesia. Dalam G20 di Bali saat ini, ada tiga isu utama yang tengah dibahas, yaitu KTT G20.

Dalam KTT G20 di Bali saat ini, tema yang diusung adalah ''Recover Together, Recover Stronger''.

Lantas tahukah kamu bagaimana sejarah dan tujuan didirikannya G20? Simak pebjelasannya yang sudah dirangkum tim iNews Blitar.

Apa Itu G20?

Group of Twenty atau G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa.
 
Sedangkan mengutip laman Kemenlu RI, G20 merupakan forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi serta pembangunan.

G20 ini menjadi forum ekonomi utama dunia yang memiliki posisi strategis. Pasalnya, G20 ini mempresentasikan lebih dari 60 persen populasi global, 75 persen perdagangan global, serta 80 persen PDB di dunia.

Sedangkan anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Sejarah Pembentukan G20

G20 berdiri pada tahun 1999. Pembentukan G20 ini merupakan respons atas krisis ekonomi global yang terjadi pada 1997-1998.

Mengutip sherpag20indonesia.ekon.go.id, pembentukan G20 ini berangkat dari kegagalan G7 dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global yang tengah terjadi pada saat itu.

Sehingga muncullah pandangan tentang pentingnya bagi negara-negara berpendapatan menengah serta negara yang memiliki pengaruh ekonomi secara sistematik untuk diikutsertakan dalam perundingan terkait permasalahan ekonomi global. 

Selanjutnya, sejumlah negara maju dan berkembang diikutkan dalam forum untuk bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi krisis utama yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin.

Pada awalnya. G20 merupakan pertemuan para Menteri Keuangan serta para Gubernur Bank Sentral.
Kemudian sejak 2008, G20 mulai menghadirkan kepada negara dalam pertemuan KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan.

Tujuan G20

Pembentukan G20 ini memiliki tujuan tertentu, terutama tentang kerja sama ekonomi dalam lingkup internasional.

Sedangkan tujuan utama dibentuknya G20 adalah untuk memegang peran strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut