get app
inews
Aa Read Next : Rekrutmen Kepala Unit Pelayanan Makanan Bergizi Sekolah Sudah Dibuka

Kuliner Blitar, Sensasi Balungan Kambing Pedas Mbok Seh

Selasa, 08 November 2022 | 08:51 WIB
header img
Kuliner Blitar balungan kambing pedas Mbok Seh (foto/inewsblitar)

BLITAR, iNewsBlitar - Kuah balungan kambing yang menjadi menu spesial depot Mbok Seh di jalan Kalimantan No 25 Kota Blitar, Jawa Timur itu, terasa menendang lidah. Rasa gurihnya kuat, dan sekaligus pedas

Kuah kental itu berwarna kemerah-merahan. Begitu disendok, harum wangi rempahnya langsung menyengat. Winarsih (59) selaku pemilik depot Mbok Seh, menamai olahan masakannya sebagai balungan kambing bumbu pedas.

“Silahkan menikmati. Kalau masih kurang pedas, bisa ditambah sambal korek,” seloroh Winarsih (53) pemilik depot Mbok Seh.

Masakan balungan kambing itu disajikan di dalam mangkok jumbo. Kuahnya separuh lebih, dan selebihnya tulang-tulang kambing yang masih terlekati daging tebal.   

Ada gumpalan daging yang terlepas dan bercampur dengan kuah. Juga beberapa  bagian sendi yang terlapis tulang lunak. Dalam rongga tulang juga tersimpan sumsum yang bisa diambil dengan cara disedot.

“Belanjanya tulang kambing di tempat jagal hewan Kota Blitar sini saja,” tutur Winarsih yang asli warga Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.  

Winarsih sangat memperhatikan kebersihan. Agar terhindar dari bau prengus kambing, ia mencuci tulang kambingnya berkali-kali. Setelah itu baru direbus bersama bumbu pedas yang sudah disiapkan sebelumnya.

Proses memasak ini memakan waktu cukup lama. Selain agar bumbu bisa meresap sempurna, daging pada tulang itu menjadi lebih empuk. “Sekitar tiga jam-an untuk memasak,” tambahnya.

Depot Mbok Seh di jalan Kalimantan Kota Blitar belum lama berdiri. Usia depot yang berjargon Rasa Mewah Harga Murah itu baru sekitar empat bulanan, namun sudah memiliki banyak pelanggan.

Selain balungan kambing juga ada menu rica-rica mentok pedas, ayam kampung lodho pedas, bebek, dan ayam lalapan. Khusus menu balungan kambing, dalam sehari Winarsih menghabiskan rata-rata 25-30 kg tulang kambing. 

Saking larisnya, untuk seporsi besar balungan kambing seharga Rp 25 ribu itu, ia menyarankan para pelanggannya untuk telpon dulu sebelum datang ke depot. “Karena takutnya nggak keduman. Kami buka mulai pukul 11.00 Wib hingga 22.00 Wib,” pungkas ibu lima anak ini.

 

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut