get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Yuk Sri Ungkepan, Pelopor Bisnis Foodstartup Blitar

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:08 WIB
header img
Wijaya Prima Saputra, founder foodstartup Yuk Sri Ungkepan

BLITAR, iNewsBlitar.id - ''Blitar Keren mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja''

Blitar, 26 Oktober 2022 - Kecintaannya mendampingi istri, membuatnya memilih keluar dari pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Surabaya. Masuk PNS tahun 2009, ia memilih keluar tahun 2016 dan mendampingi istri tercintanya, Sri Rahayu Waniningsih, di Pemerintah Kota Blitar.

Dialah Wijaya Prima Saputra, yang sekarang sukses sebagai founder Yuk Sri Ungkepan, satu  satunya pengusaha muda Blitar yang masuk katalog FoodStartup Indonesia 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Berbekal keberanian dan belajar membaca peluang, ungkap Wijaya tentang kunci suksesnya, dalam kesempatan berbincang dengan jajaran Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar beberapa waktu lalu.

Sebelum sukses menjalankan bisnis lauk siap saji ungkepan ayam kampung dan bebek dengan label Yuk Sri Ungkepan, Wijaya sempat menggeluti usaha warung internet (warnet) selama dua tahun sejak keluar dari PNS. Usaha tersebut ia nilai tepat saat itu karena selaras dengan disiplin ilmunya sebagai sarjana komputer lulusan Universitas Brawijaya Malang. Sambil menjalankan usaha warnet, dirinya juga memulai beternak ayam kampung dan bebek.

Hingga pandemi tiba, membuat usahanya terdampak. Para pengepul yang biasanya mengambil ternaknya yang sudah saatnya masa panen, macet.

Kondisi tersebut memaksanya putar otak. Dia dan sang istri melihat peluang untuk membesarkan warung makanan yang dirintis sang mertua dengan berbahan dasar ayam kampung dan bebek. Maka mulailah Yuk Sri Ungkepan yang beralamat di Jl. Ciliwung No. 123 Kel. Bendo Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar ini  merambah pasar di dunia maya berkat pandemi.


Produk Yuk Sri Ungkepan

Kejeliannya berani mencari, melihat dan mencoba peluang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan maraknya transaksi jual beli online pada masa pandemi, membuahkan hasil usaha keluarga Yuk Sri Ungkepan sekarang semakin berkembang. Dan sekarang, pasangan Wijaya  Weni (panggilan sang istri  red), tercatat masuk 20 Besar Enterpreneur Kuliner Muda Kemenparekraf Tahun 2022 untuk Kategori Inovasi Kuliner.

Hasilnya, usaha keluarga yang mereka geluti sekarang telah merambah jaringan nasional dan omzet  nya pun meroket menembus angka 9 digit atau milyar

Mengutip narasi pengantar dalam buku katalog FoodStartup Indonesia 2022, seluruh kuliner yang masuk telah terkurasi, termasuk Yuk Sri Ungkepan. Melalui Program FoodStartup Indonesia (FSI), para pelaku ekonomi kreatif kuliner diharapkan dapat mengembangkan bisnis dengan memaksimalkan kesempatan memamerkan produk. Baik kepada konsumen langsung maupun reseller, distributor, investor, serta dapat mengukur respon pasar terkait penjualan sekaligus sebagai alat promosi usaha bisnis bagi yang berhasil masuk katalog. Adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut