get app
inews
Aa Read Next : Rekrutmen Kepala Unit Pelayanan Makanan Bergizi Sekolah Sudah Dibuka

Nikmatnya Sarapan Nasi Babat Mbak Lin di Kota Bung Karno, Penyuka Jerohan Blitar Wajib Tahu

Rabu, 02 Agustus 2023 | 08:51 WIB
header img
Sarapan nasi babat Mbak Lin di Kota Soekarno Blitar Jawa Timur (foto/iNewsBlitar)

BLITAR,iNewsBlitar - Pagi-pagi di Kota Blitar, Jawa Timur paling enak sarapan nasi babat. Daging babat buatan Mbak Lin terkenal beda. Seperti rasa baceman. Daging babat rumah makan nasi babat Mbak Lin berasa manis di lidah. Kemudian juga empuk.

Tak perlu gigitan keras untuk mengoyak serat tebalnya. Mbak Lin, pemilik usaha kuliner nasi babat, telah mengolah dengan ketrampilan terbaiknya. “Sebelum digoreng, semua daging babat dipresto dulu,” tutur Anita salah seorang karyawan membocorkan rahasia dapurnya.

Mbak Lin selalu menyajikan daging babat terbaiknya. Sebelum dinikmati para pelanggan, semua daging babat itu lebih dulu ia tenggelamkan ke dalam panci presto.

Uap panas panci dalam takaran waktu tertentu telah melunakkan seluruh serat yang semula ulet. Mbak Lin mampu mengatasi persoalan daging yang selalu terkenal melawan saat digigit.

Sebelum dimatangkan oleh panas minyak sawit, daging bagian dinding lambung sapi itu, kata Anita lebih dulu melalui proses pengungkepan. Daging babat dibekap ke dalam racikan bumbu yang rasa manisnya mengambil dari manis gula Jawa.

Melalui pori-pori daging yang telah lentur, glukosa yang telah bercampur dengan bumbu itu, meresap maksimal. “Itu yang membuat rasa daging babat terasa manis di lidah,” ungkap Anita.

Rumah makan nasi babat Mbak Lin berada sekitar seratus meteran di sebelah utara makam Proklamator Soekarno atau Bung Karno Kota Blitar. Tepatnya di wilayah Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan.

Tempat makan itu didesain gaya tradisional, yakni dengan seluruh dinding ruangan memakai anyaman bambu serta separuh tembok. Kursi dan meja hidangan tertata dengan jarak yang tak mengganggu pengunjung satu sama lain.

Untuk membuat betah para pengunjung dari kalangan muda-mudi, seperangkat jaringan internet wifi telah dipasang. Sulin, begitu nama lengkap Mbak Lin, kata Anita belum lama memulai usahanya. Mereka bersyukur hidangan nasi babat telah menjadi idola.

Anita tak mengungkapkan detil omset hariannya. Ia hanya mengatakan menu nasi babat Mbak masih menempati penjualan tertinggi dibandingkan menu lainnya.      

Selain nasi babat yang memiliki opsi babat komplit, yakni ada tambahan paru dan sejenisnya. Rumah makan yang buka mulai pagi itu juga menyediakan menu nasi daging empal.

Usai bersantap, pengunjung juga bisa memesan berbagai minuman jus buah yang tercantum dalam daftar. Soal harga menu makanan dan minuman, Anita memastikan semuanya terjangkau.

Setiap porsi nasi babat komplit, pengunjung cukup merogoh kocek Rp20 ribu. Untuk seluruh menu lain, di bawah harga Rp 20 ribu. “Murah kan? Kalau pas ke Kota Blitar silakan mampir lagi ya,” ujar Anita memungkasi percakapan.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut