Kebiasaan Pangeran Diponegoro menuju Manado, Merokok dan Minum Anggur dengan Orang-Orang Eropa

Avirista Midaada, iNews.id
Ilustrasi Pangeran Diponegoro.

SURABAYA, iNewsBlitar.id - Pangeran Diponegoro dikenal sebagai sosok pejuang yang memiliki karakter keislaman yang kuat. Pemimpin Perang Jawa ini bahkan kerap disebut ulama dengan berbagai karomah dan kesaktian yang mengiringinya.  Tetapi sebagai manusia biasa Pangeran Diponegoro konon memiliki kesukaan, kebiasaan, dan hobi semasa hidupnya. Kesukaan dan hobi beliau yang utama ada dua yakni berkebun dan memelihara burung, khususnya perkutut dan kakatua. 

Bahkan di pengasingannya, dia menghabiskan banyak waktu di antara burung-burung kakatua. Hal ini dikisahkan pada buku 'Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro 1785-1855' tulisan Peter Carey. Selain dua hobi itu ternyata sang pangeran kerap kali bermain catur dan mengunyah sirih.  Kebiasaan mengunyah sirih ini dilakukan Diponegoro setiap hari. Sehari-hari dia terus menerus mengunyah sirih, sehingga dia dapat menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunyah seracikan kapur, daun sirih, dan pinang.

Diponegoro juga merupakan perokok. Rokok yang biasanya dia hisap yakni sigaret tebal yang dilintingnya sendiri dengan tangan. Sejenis cerutu yang terbuat dari tembakau lokal, yang dibungkus dengan daun jati. Kesukaan Pangeran Diponegoro yang tentu cukup unik yakni kebiasaannya yakni minum anggur bersama orang-orang Eropa. Merek paling favoritnya yakni Constatia, anggur putih manis dari Tanjung Harapan, yang pernah menjadi pilihan raja-raja dan kaisar, seperi Napoleon. 



Editor : Edi Purwanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network