Hati-Hati Penggunaan Headset Berlebih Ancam Pendengaran di Masa Tua

Yudo
Menggunakan Headset Berlebih Bahaya bagi Pendengaran di Usia Tua

BLITAR, iNewsBlitar- Headset atau earphone merupakan salah satu alat penunjang penggunaan smartphone khususnya audio. Headset atau earphone sering digunakan kalangan remaja sebagai alat bantu mendengarkan musik ataupun bertelepon.

 

Namun, penggunaan headset atau earphone yang berlebih akan berbahaya bagi kesehatan. Dikutip dari Gue Sehat pada (6/1/2022), penggunaan headset atau earphone yang berlebih akan merusak syaraf pendengaran kita.

 

Mendengarkan musik menggunakan headset dengan volume yang tinggi secara terus menerus mengakibatkan penurunan fungsi pendengaran. Dampak dari penggunaan headset ini tidak akan terlihat langsung, namun dalam waktu mungkin 5 atau 10 tahun ke depan.

 

WHO menyarankan, dalam menggunakan headset kita mengikuti yang dinamakan 60-60 rules, atau azas 60-60. Jadi dalam menggunakan headset kita maksimal satu hari tidak lebih dari 60 menit kemudian Volume atau intensitas yang kita pakai tidak melebihi dari 60%.

 

Selain itu, pemilihan headset yang baik juga akan meminimalisir dampak penggunaan headset. Pilih headset atau earphone yang memiliki peredam yang kualitas baik.

 

Headset dengan peredam suara yang baik bisa menurunkan suara-suara background yang ada disekitar kita. Sehingga ketika background noise itu hilang kecenderungan kita untuk mendengarkan lagu atau musik pada headset itu menjadi rendah. Jadi kita bisa menurunkan volume musik tersebut.

 

Jadi gunakan headset yang mempunyai tingkat peredaman yang tinggi agar mendorong kita untuk mendengarkan musik lebih kecil volumenya.

 

Menjaga kesehatan pendengaran mulai dari sekarang merupakan investasi yang sangat berharga untuk masa depan.

Editor : Robby Ridwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network