OMG!, Ternyata Harta Karun Langka Tak Hanya di Semburan Lumpur Lapindo

Arif
lumpur lapindo/foto/Antara/Eric Ering

BLITAR, iNews.idLogam tanah jarang (LTJ) atau rare earth elementh (REE) yang disebut sebagai harta karun langka itu ternyata tidak hanya ada di semburan lumpur Lapindo, Sidoarjo Jawa Timur.

 

LTJ yang dibutuhkan industri mobil listrik itu, ternyata tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. LTJ merupakan bahan baku baterei yang harganya fantastis.     

 

Badan Geologi Kementerian ESDM menyebut LTJ sebagai harta karun yang saat ini sedang diburu dunia.

 

Menurut hasil survei dan pemetaan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki 28 lokasi yang memiliki potensi logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth element (REE).

 

Pulau Sumatera menjadi daerah dengan potensi LTJ terbanyak, yaitu 16 titik. Sedangkan Kalimantan dengan 7 titik, Sulawesi terdapat 3 titik dan terakhir Jawa dengan 2 titik potensi.

 

Dan diketahui, kandungan LTJ juga terdapat sebagai mineral ikutan pada komoditas tambang, termasuk batu bara di Kalimantan.

 

Dari hal tersebut, Kementerian ESDM perlu regulasi pemanfaatan hingga pengolahan hilir di sektor perindustrian seperti diatur di UU Minerba.  iNews Blitar

Editor : Solichan Arif

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network