5 Tanaman Benalu yang Manfaatnya Mengejutkan. Terakhir Kerap Dipakai Pengusir Setan

Arif
foto : ilustrasi

 

5 Tanaman Benalu yang Manfaatnya Mengejutkan. Terakhir Kerap Dipakai Pengusir Setan

 

BLITAR,iNews.id- Tanaman benalu selalu diasosiasikan buruk. Benalu bersifat parasit, di  mana setiap pohon yang ia tempeli akan merugi, karena sebagian sari makanannya akan dihisap diam-diam. Namun dibalik namanya yang berstigma negatif, ternyata tanaman benalu juga menyimpan manfaat positif.

 

Tanaman benalu memiliki kandungan yang berfaedah untuk kehidupan manusia. Melansir karya pustaka Anan Hajid Triyogo dalam “ Benda-benda Bertuah Masyarakat Jawa” (2005), berikut lima jenis benalu yang manfaatnya tidak banyak diketahui :

 

1. Benalu Jeruk

Tanaman benalu yang menumpang pada pohon jeruk memiliki manfaat yang lumayan banyak untuk kesehatan. Anan Hajid Triyogo menulis, benalu yang bisa dipakai adalah yang menempel pada pohon jeruk pecel. Dengan racikan lazimnya meracik jamu Jawa, benalu jeruk mampu mengobati keluhan penyakit darah tinggi, perut mulas, dan migran.

 

2. Benalu Teh

Pada pohon teh biasanya banyak ditumpangi tanaman benalu. Benalu teh ternyata memiliki khasiat untuk penyembuhan beragam penyakit yang berkaitan dengan darah. Yakni stroke, darah tinggi, darah rendah, liver, pencuci darah dan anemia.

 

3. Benalu Mangga

Dengan meracik benalu yang menempel pada pohon mangga, keluhan tak nyaman akibat penyakit asam urat bisa dikurangi, bahkan disembuhkan. Hanya saja cukup sulit menjumpai benalu pada pohon mangga. Hal itu karena burung-burung pembawa benih benalu jarang memilih pohon mangga sebagai tempat persinggahan.

 

4. Benalu Rukem

Pohon rukem memiliki ketinggian hingga 10 meter. Warna daunnya merah di waktu muda, dan hijau saat menua. Bentuknya (daun) bulat lonjong, meruncing pada ujung dengan sisi pinggir lancip. Pohon rukem biasa tumbuh di area pemakaman. Tanaman benalu yang menempel pada pohon rukem berkhasiat untuk obat darah tinggi.

 

5. Benalu Kelor

Pohon kelor jarang ditumpangi benalu, karena kelor tidak menghasilkan bunga maupun buah yang itu membuat burung kolibri (pembawa benih tanaman benalu) jarang singgah. Benalu yang terdapat pada pohon kelor berkhasiat menyembuhkan sejumlah penyakit. Diantaranya mengobati amandel, liver, tumor atau sejenis daging yang tumbuh pada kulit.

 

Selain benalunya, pohon kelor sendiri, yakni terutama daunnya, diyakini memiliki manfaat spiritual. Dalam tradisi masyarakat Jawa, daun kelor kerap dipakai untuk mengusir makhluk halus, jin maupun setan yang merasuki seseorang. Termasuk juga dipercaya mampu merontokkan susuk ilmu pemikat.

Editor : Solichan Arif

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network