get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang, Kapan Bandara Dhoho Kediri?

Kendaraan Listrik Akan Jadi Moda Transportasi Utama di Indonesia

Jum'at, 18 Maret 2022 | 07:19 WIB
header img
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Ioniq 5, Rabu (16/3/2022)

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai.

Presiden Jokowi berharap mobil Ioniq 5 akan menjadi "milestone" penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia sehingga semakin canggih dan diminati.

Ioniq 5 pertama kali diperkenalkan pada 23 Februari 2021 dan menjadi mobil pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai "Electric Global Modular Platform" (E-GMP).

"Seperti hari ini Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," ungkap Presiden.

Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia yaitu Ioniq 5 buatan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). "Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu," kata Presiden Joko Widodo di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022), saat meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Chairman Hyundai Mogor Group Euisun Chung, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae Sung. dan pejabat terkait lainnya.

Ke depan, menurut Presiden Jokowi, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di Indonesia. "Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara Nusantara," tambah Presiden.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut