get app
inews
Aa Read Next : Syauqul Muhibbin Pastikan Maju Pilkada Blitar 2024: Wonge Pusat Wes Teko

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang, Kapan Bandara Dhoho Kediri?

Rabu, 20 Maret 2024 | 22:41 WIB
header img
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang, Kapan Bandara Dhoho Kediri?. (foto/BPMI/Setpres)

SINGKAWANG, iNewsBlitarBandara Singkawang yang berada di Kalimantan Barat diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (20/3/2024). Sementara peresmian bandara Dhoho Kediri Jawa Timur, hingga kini diketahui terus tertunda.

 "Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini saya resmikan Bandar Udara Singkawang di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan bahwa Bandara Singkawang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) serta bantuan CSR dari para pengusaha sukses asal Singkawang.

"Tadi Pak Menteri Perhubungan sudah menyampaikan bahwa dari APBN Rp272 miliar kemudian dari para pengusaha Rp155 miliar," tutur Jokowi.

Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada atas kerja sama pemerintah dan para pengusaha dalam pembangunan bandara tersebut. Dirinya meyakini jika kerja sama tersebut dilakukan di seluruh daerah maka akan mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Artinya, orang-orang yang berasal dari kota itu, orang-orang yang berasal dari kabupaten itu, orang-orang yang berasal dari provinsi itu juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing. Sekali lagi, untuk para pengusaha saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," jelasnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa Bandara Singkawang tersebut dibangun sejak 2019 dengan panjang runaway 2.000 meter. Kemudian terminalnya dibangun seluas 8.000 meter persegi.

"Dan kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang, dan kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Singkawang," kata Jokowi.

Jokowi pun meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar kerja sama dalam pembangunan Bandara Singkawang dapat dijadikan contoh dalam pengerjaan infrastruktur di daerah lain.

"Dan saya tadi bisik-bisik ke Menteri Perhubungan bahwa bandara ini bisa dijadikan contoh, dicopy, direplikasi, di daerah-daerah yang lain, utamanya skema kerja sama tadi. Ada skema kerja sama pemerintah dan badan usaha plus CSR ini sekali lagi akan percepat potensi yang ada di berbagai wilayah di Tanah Air kita," papar Jokowi.

Jokowi juga meminta kepada Menhub agar mempersiapkan pesawat untuk dapat melintasi dan mendarat di Bandara Singkawang.

"Kalau bandaranya sudah siap, airportnya sudah siap, segera Pak Menhub disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini, sebanyak-banyaknya. Asal yang penumpangnya penuh, asal penumpangnya penuh pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang," tutupnya.

Sementara bandara Dhoho Kediri Jawa Timur hingga kini belum juga diresmikan pemerintah. Pembangunan bandara yang sepenuhnya dibiayai PT Gudang Garam Tbk Kediri itu telah selesai. Uji coba pesawat juga telah dilakukan.

Namun dua kali jadwal peresmian bandara Dhoho Kediri belum juga terealisasi. Yang terbaru, Pemerintah Provinsi Jawa Timur informasinya telah menyurati sekretariat negara meminta penjadwalan ulang peresmian.

Harapannya, bandara Dhoho Kediri bisa diresmikan Presiden Jokowi sebelum hari raya Idul Fitri 2024 ini.

Editor : Solichan Arif

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut