get app
inews
Aa
Read Next : Viral Siswa Salat Jamaah di Kereta Api, Tuai Pujian Netizen

Ditemukan Dua Mortir Berusia Puluhan Tahun di Wonotirto Blitar Selatan, Bekas Perang Tahun Berapa ?

Selasa, 01 Februari 2022 | 09:35 WIB
header img
Unit Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jawa Timur Menjinakan Mortir di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar (iNewsBlitar)

 

BLITAR, iNewsBlitar- Warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar dihebohkan dengan penemuan dua martir yang masih aktif. Mortir ini ditemukan pada Minggu 30 Januari 2022 di area persawahan Desa Tambakrejo.

 

Kapolsek Wonotirto AKP Supriyadi mengatakan, Unit Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jawa Timur memusnahkan mortir berusia puluhan tahun di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

 

Belum diketahui, mortir ini sisa peninggalan perang tahún berapa. Berdasarkan keterangan personil Jibom mortir tersebut sudah berusia puluhan tahun dan memiliki daya ledak cukup tinggi.

 

"Usia tidak terdeteksi karena register sudah lepas. Namun diperkirakan sudah puluhan tahun," paparnya. 

 

Supriyadi menjelaskan, sekilas mortir ini seperti sudah tidak aktif. Apalagi pelatuknya juga suado tida terlihat arena berkarat. Ini karena mortar ini terpendam dalam tanah.

 

Sebelumnya, di Kecamatan Wonotirto juga sudah pernah ada laporan penemuan mortir. Selain mortir yang ditemukan pada 30 Januari, Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim juga memusnahkan sebuah mortir yang ditemukan di Kecamatan Wonotirto pada Oktober 2021 lalu. Keduanya dimusnahkan di tempat dan waktu yang sama. 

 

"Keduanya masih aktif dan sudah diledakkan," pungkasnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut