get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Blitar 2024, Ini Tawaran Pemberantasan Korupsi Ala Galih Saksana

Dibawah Binaan Desa Sejahtera Astra, BUMDesma Kawasan Bumi Penataran Abadi Ekspor Kendang ke China

Minggu, 30 Juli 2023 | 13:24 WIB
header img
Kendang Jimbe Produksi UMKM di Desa Ngoran

Blitar, iNewsBlitar.id - Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) 7 Desa Kawasan Bumi Penataran Abadi, Kecamatan Nglegok lakukan ekspor perdana produk kriya kendang Jimbe hasil produksi UMKM setempat. Pengiriman dilakukan menuju Kota Changsu, China pada Minggu (30/7/2023) dengan titik keberangkatan Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

BUMDesma Bumi Penataran Abadi terdiri dari tujuh desa kawasan yang menjadi binaan  PT. Astra International TBK melalui Desa Sejahtera Astra yang ada di Kecamatan Nglegok.

"Bumi Penataran Abadi sendiri merupakan kawasan binaan Desa Sejahtera Astra yang saat ini telah bermitra dengan UMKM dari ketujuh desa kawasan untuk meningkatkan kualitas masyarakatnya," ungkap Fasilitator Desa Sejahtera Astra, Dwi Pujiasih pada Minggu (30/7/2023).

Dwi Pujiasih mengaku jika permintaan dari Kota Changsu China bermula dari penawaran yang dilakukan oleh Desa Sejahtera Astra. Melalui sampling-sampling yang dikirimkan, Fasilitator DSA tersebut menyebutkan jika pihak pemesan telah tertarik serta melakukan pemesanan dalam jumlah besar.

"Saat ini kami melakukan pengiriman pertama menggunakan kontainer sebanyak 700 pcs pada kiriman pertama. Kendang yang kami kirimkan sesuai dengan pesanan mereka yakni dalam bentuk bahan dasar kendang," imbuh Dwi.

Perempuan yang menjadi Fasilitator Desa Sejahtera Astra tersebut berharap agar nantinya setiap UMKM yang berada di desa binaan Astra dapat mengalami peningkatan. Dari pesanan pasar domestik, kedepannya setiap UMKM yang ada di desa binaan dapat melakukan ekspor sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan setiap pelaku UMKM.

"Binaan terhadap tujuh desa kawasan ini kami lakukan mulai dari pembinaan UMKM hingga bantuan permodalan sehingga pelaku UMKM dapat benar-benar berjalan." jelas Dwi Pujiasih.

Turut hadir pada kesempatan yang sama, Camat Nglegok menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat bagi BUMDesma Bumi Penataran Abadi karena berhasil menembus pasar internasional pada prakteknya.

"Kegiatan ekspor seperti ini merupakan terobosan yang baik bagi para pelaku UMKM. Semoga para pengelola BUMDesma Bumi Penataran Abadi dapat amanah dan terus melakukan terobosan sehingga dapat menjadi inspirasi bagi wilayah lain," imbuh Camat Nglegok, Dodot Darudono pada media.

Sebagai penutup, Camat Nglegok tersebut menyampaikan jika dengan adanya ekspor seperti ini tentunya akan membuka jaringan pasar internasional serta akan menjadi kebanggaan baik bagi Kabupaten Blitar maupun Kecamatan Nglegok khususnya. 

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut