get app
inews
Aa Read Next : Deklarasikan Dik Anis, Golkar Blitar Siap Menangkan Pileg 2024

Lihat Potensi Masyarakat Modangan, Bumdesma bersama Astra dirikan Rumah Karantina Tanaman Ekspor

Minggu, 11 September 2022 | 18:12 WIB
header img
Pembangunan Greenhouse sebagai Rumah Karantina Tanaman Ekspor oleh PT. Astra Internasional Tbk bersama Bumdesma

BLITAR, iNewsBlitar.id Melalui Bumdesma Bumi Penataran Abadi, Desa Modangan dirikan Greenhouse rumah karantina lain untuk ekspor tanaman hias daun (11/9/2022). Pendirian greenhouse tersebut didukung oleh PT. Astra International Tbk melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA).

Greenhouse yang akan dibangun nantinya akan digunakan sebagai rumah kurasi tanaman. Hal tersebut dimaksudkan untuk melakukan seleksi terhadap tanaman hias daun yang akan diekspor perdana ke negara Turkey dan Oman kolaborasi bersama dengan Tim Nasional Tanaman Hias.

Pemilihan Desa Modangan sebagai lokasi pendirian Greenhouse oleh PT. Astra Internasional Tbk karena adanya potensi dari petani tanaman hias jenis daun serta mendekatkan petani tanaman hias dengan pasar internasional.

Dwi Pujiasih selaku Pendamping Profesional Kawasan Perdesaan menegaskan bahwa aset rumah karantina tanaman hias yang dibangun di desa Modangan merupakan milik dari tujuh desa yang ada di kecamatan Nglegok. Selain petani tanaman hias dari Desa Modangan, petani-petani dari Enam desa lainnya di Kawasan Perdesaan AgroMinaWisata Kecamatan Nglegok atau juga sekitarnya juga dapat menggunakan fasilitas greenhouse tersebut untuk meningkatkan perekonomian petani.

"Tetapi aset yang dibangun disini, adalah milik Bumdesma, hasil kerjasama dari tujuh desa di Kawasan Perdesaan Kecamatan Nglegok, serta dengan berdirinya greenhouse ini diharapkan petani yang ada di tujuh desa kecamatan Nglegok dapat meningkatkan jaringan pasar internasional", terang Dwi Pujiasih.

Selain peletakan batu pertama sebagai bentuk simbolik pendirian bangunan, pemerintah desa juga melakukan upacara adat Bedah Bumi. Ritul dengan prosesi yang singkat tersebut dimaksudkan sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan yang Maha Esa agar kedepannya bangunan yang berdiri bisa berguna sesuai dengan rencana serta diberikannya keselamatan terhadap para pekerja yang terlibat.

"Sebagai upaya melestarikan adat istiadat yang ada di Desa Modangan, maka peletakan batu pertama ini harus diiringi dengan ritual Bedah Bumi. Ritual tersebut merupakan bentuk permohonan kepada Tuhan yang Maha Esa agar setiap pekerja diberikan keselamatan serta bangunan yang berdirinya nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Hal ini juga sejalan dengan Desa Modangan yang mulai ditetapkan sebagai Desa Budaya" tutup M. Bisri Mustofa selaku kepala desa Modangan. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut