get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Pemkab Blitar Pekerjakan Kontraktor Hitam: Imbasnya Proyek Jembatan Dawuhan Rp 7,4 M

Antisipasi Sungai Meluap dan Kerusakan Kaki Jembatan, BPBD Susur Sungai

Minggu, 09 Januari 2022 | 11:00 WIB
header img
BPBD Kota Kediri Susur Sungai Antisipasi Air Meluap

KEDIRI, iNews.id - Guna mengantisipasi kerusakan kaki jembatan akibat sampah yang terbawa arus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri menggelar kegiatan susur sungai untuk melakukan pembersihan sampah.

 

Proses susur sungai dan pembersihan sampah tersebut dilakukan di tiga titik serentak, yakni di Kelurahan Pojok, Kelurahan Gayam dan Kelurahan Ngampel. Petugas turun ke sungai membersihkan sisa sampah yang terbawa arus air.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh menyebut, sinergi perlu dilakukan sehingga pembersihan bisa optimal. "Kami dengan berbagai pihak saling gotong royong sinergi susur sungai dan membersihkan sampah. Ini juga untuk mengantisipasi kerusakan kaki jembatan dari sampah yang terbawa arus air," ujar Indun.

 

Dari hasil penyurusan tersebut, didapati mayoritas sampah adalah potongan bambu yang tersangkut di kaki jembatan. Selanjutnya, karena sudah dalam kondisi kering, sampah-sampah akhirnya dibakar.

 

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Muhammad Aspan menambahkan sebenarnya di sungai sering kali dilakukan pembersihan. Namun, tetap ada saja sampah yang terbawa arus air.

 

"Untuk pembersihan sementara dilakukan manual, hingga sampah-sampah itu bersih dari badan sungai dan kaki jembatan," ungkapnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut