get app
inews
Aa Read Next : 5 Pesilat Muda Ditangkap Usai Bacok 2 Warga, 2 Anak-anak

Mas Dhito Canangkan Pipanisasi di Lokasi Banjir Bandang

Rabu, 05 Januari 2022 | 21:48 WIB
header img
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono Meninjau Lokasi Longsor

Kediri, Blitar.iNews.id Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang di Dusun Semoyo, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Selasa (04/01/2022) sore.

 

Dalam peninjauan tersebut, Mas Dhito memantau kondisi akses jalan yang sempat terputus akibat jembatan yang rusak diterjang banjir bandang pada Minggu, 2 Januari 2022 lalu. Pantauan dilanjutkan ke rumah warga di Dusun Beru, Desa Blimbing yang rusak akibat terkena material longsoran.

 

Mas Dhito menyampaikan, kunjungannya dilakukan untuk menindaklanjuti adanya akses jalan terputus yang merupakan akses utama bagi 42 kepala keluarga, "Untuk saat ini akses sudah terhubung kembali,  saya meminta Dinas Perkim dan PUPR untuk segera menindak lanjuti terutama terkait pipanisasi," ungkapnya saat ditemui di lokasi bencana.

 

Sebagaimana diketahui, saluran pipa air bersih yang melintasi area terdampak bencana banjir dan tanah longsor di wilayah perbukitan mengalami kerusakan. Meski begitu, untuk mengantisipasi kurangnya air bersih, sementara saluran pipa yang rusak telah dilakukan perbaikan.

 

"Air sudah tidak ada masalah, namun untuk jangka panjangnya maka perlu diperlukan pipanisasi sepanjang tiga setengah kilometer," ungkapnya.

 

Sementara itu,  untuk jembatan yang rusak dan memutus akses jalan utama 42 KK di Dusun Semoyo telah diperbaiki dengan dibuatkan jembatan darurat menggunakan papan kayu. Pembangunan jembatan darurat dilakukan supaya warga tidak terisolir.

 

"Nanti (jembatan) dibangunkan PUPR, dibikinkan jembatan beton," imbuh Mas Dhito.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra yang turut serta mendampingi ke lokasi menyampaikan, melihat kondisi kerusakan yang terjadi, diakui nantinya perbaikan jembatan akan dilakukan dengan membuat jembatan baru menggunakan beton.

 

"Nanti kita akan lebarkan jembatannya tapi kita tunggu dulu hasil assesment BPBD," tuturnya.

 

Sementara itu, siang harinya Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito juga datang ke lokasi untuk menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak bencana. Selain penyerahan bantuan, istri Bupati Kediri itu juga menghibur anak-anak di yang tinggal di area bencana.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut