get app
inews
Aa Read Next : Konjen Jepang Resmikan Bangunan MTS Darussalam Kademangan Blitar

Jarang Diketahui, Jurusan ini Sepi Peminat, namun Memiliki Peluang Kerja Besar

Selasa, 04 Januari 2022 | 10:28 WIB
header img
Ilustrasi Mahasiswa Kuliah-sindonews.com

Blitar.inews.id Setiap jurusan memiliki peminatnya masing-masing. Jurusan-jurusan favorit seperti  komunikasi, kedokteran, ekonomi dan juga teknik telah menjadi incaran bagi lulusan SMA dan sederajat.

 

Semakin banyak yang mengincar jurusan maka banyak pula pesaingnya. Bagi calon mahasiswa, strategi juga diperlukan dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Karena mereka akan berhadapan dengan ribuan pesaing untuk merebutkan kursi di jurusan.

 

Jarang diketahui calon mahasiswa jurusan ini sepi peminat namun memiliki peluang kerja besar. Melansir laman startup bidang pendidikan Ruang Guru di ruang.guru.com, ternyata banyak jurusan di perguruan tinggi yang masih asing di telinga masyarakat namun prospek kerja setelah mahasiswa lulus itu sangat luas di berbagai bidang

 

Berikut ini 7 referensinya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi nanti

 

1. Jurusan Astronomi

 

Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya. Setelah lulus dari jurusan ini, bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis. Di Indonesia, Institut Teknologi Bandung merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

 

2. Jurusan Kehutanan

 

Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar. Indonesia adalah negara tropis dengan hutan membentang luas. Sehingga tidak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan. 

 

Lulusan Jurusan Kehutanan juga dapat bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan. Mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

 

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

 

Prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Di antaranya bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller. Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, dan UIN.

 

4. Jurusan Oseanografi

 

Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan. Maka ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Dampaknya adalah lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. 

 

Profesi yang bisa ditekuni mulai dari oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.

 

5. Jurusan Filsafat

 

Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat. Namun setelah lulus, bisa menjadi pengajar, penasihat penelitian, content writer, konselor, penasihat negara, atau bekerja di industri kreatif seperti Dian Sastrowardoyo. Universitas negeri dengan jurusan filsafat adalah UI & UGM.

 

6. Jurusan Arkeologi

Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan. 

 

Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda-benda bersejarah, atau bahkan kamu mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri. Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, UNHAS, Udayana, Universitas Jambi, dan Universitas Halu Oleo.

 

7. Jurusan Antropologi Sosial

 

Jurusan Antropologi Sosial memiliki ilmu yang cukup unik dan menarik untuk dipelajari. Yaitu hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya.  Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. 

 

Misalnya bisa menjadi peneliti, antropolog, pengajar, wartawan PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas yang membuka jurusan ini antara lain UI, UGM, UNAIR, Unpad, Undip dan Unibraw.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut