Logo Network
Network

Ahli Ekonomi Indonesia Rizal Ramli Tutup Usia, Berikut Sepak Terjangnya

Arif
.
Rabu, 03 Januari 2024 | 08:57 WIB
Ahli Ekonomi Indonesia Rizal Ramli Tutup Usia, Berikut Sepak Terjangnya
Ahli Ekonomi Indonesia Rizal Ramli Tutup Usia, Berikut Sepak Terjangnya. (foto:wikipedia)

JAKARTA,iNewsBlitar - Rizal Ramli tutup usia. Mantan tokoh pergerakan mahasiswa era 1977/1978 yang pernah menjabat Menteri Kordinator Kemaritiman itu meninggal dunia di Rumah Sakit Dr Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta Selasa (2/1/2024).

Kabar berpulangnya Rizal Ramli diungkap pertama kali oleh Tri Wibowo Santoso, staf Rizal.

“Inalillahi wa inailahi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 Wib di rumah sakit Cipto Mangunkusumo”.

Rizal Ramli diketahui lahir 10 Desember 1954 di Padang Sumatera Barat. Rizal memiliki latar belakang pendidikan sebagai almameter kampus Institute Tekhnologi Bandung (ITB).

Kemudian juga lulusan kampus Universitas Sophia dan Universitas Boston. Sebagai aktivis mahasiswa, Rizal Ramli dikenal kritis dengan pemikiran yang selalu berpihak kepada kepentingan rakyat.

Berikut rekam jejak karir almarhum Rizal Ramli semasa hidupnya.

1.Rizal Ramli pernah menjadi Kepala Bulog pada tahun 2000. Jabatan yang ia emban selama 15 bulan itu merupakan penunjukkan langsung dari Presiden Abdurrahman Wahd (Gus Dur).

2. Dari jabatan Kepala Bulog, Rizal Ramli  kemudian diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Kwik Kian Gie. Hal itu berlangsung pada tahun 2000.

3. Pada tahun 2001, jabatan Rizal Ramli bergeser dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjadi Menteri Keuangan. Perpindahan itu berlangsung pada masa Presiden Megawati Soekarno Putri.

4. Rizal Ramli juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama BUMN

5. Pada tahun 2015 Rizal Ramli ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Di luar sejumlah jabatan penting yang pernah diembannya di Pemerintahan Indonesia, Rizal Ramli juga menjadi salah satu ahli ekonomi Indonesia yang dipercaya sebagai penasihat ekonomi PBB.

Rizal Ramli menikah dengan Herawati M Mulyono dan dikaruniai tiga anak. Setelah istrinya meninggal dunia, Rizal kembali menikah, yakni dengan Marijani atau Liu Siaw Fung, seorang perempuan berdarah Tionghoa.

Pada tahun 2011 Marijani meninggal dunia. Rencananya jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Cilandak Jakarta Selatan, berdampingan dengan makam istrinya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.