get app
inews
Aa Read Next : Ziarahi Makam Bung Karno di Blitar, Kakak Ketua Umum Airlangga Siap Menangkan Golkar Dapil 6

Anas Urbaningrum Pulang Langsung Ziarah ke Makam Bung Karno

Rabu, 12 April 2023 | 23:01 WIB
header img
Anas Urbaningrum dan Para Sahabat Ziarah Ke Makam Bung Karno di Blitar

BLITAR, iNewsBlitar- Anas Urbaningrum langsung berziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Rabu (12/04/2023) malam. Ziarah dilakukan setelah Shalat Tarawih yang digelar di mushola samping rumahnya. 

 

Momentum ziarah ke Makam Soekarno Prisiden Pertama Indonesia dilakukan Anas setelah 10 tahun tidak pulang ke rumahnya di Dusun Sendung, Desa Ngaglik, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Ziarah ini juga diikuti oleh sahabat Anas Urbaningrum dari berbagai daerah yang datang menyambut kedatanganya.

 

Di depan pusara Sang Proklamator, Anas juga menggelar doa Tahlil. “Setiap orang yang ke Blitar pasti ingin berziarah ke Makam Sang Proklamator,” ungkap Anas Urbaningrum. 

 

Ada kesamaan antara Anas Urbaningrum dengan Soekarno yang sempat menjalani masa persakitan di Sukamiskin. Keduanya juga disambut oleh sahabatnya saat keluar dari Sukamiskin. Seokarno keluar dari Sukamiskin pada 31 Desember 1931.

 

Meski ada kesamaan antara keduanya, Anas enggan untuk disamakan. Anas menilai sosok Soekarno jauh lebih besar dibandingkan dirinya. “Saya hanya sepucuk kukunya Bung Karno, beliau orang hebat,” tegasnya.

 

Momentum kepulangan ke Blitar inilah yang dimanfaatkan oleh Anas untuk berdoa dan bersiap melanjutkan perjuangan. Sebelumnya Anas juga sungkem di pangkuan sang ibunda setelah 10 tahun tidak bertemu.

 

Anas menangis di pangkuan dan pelukan sang ibunda. Beberapa kali Anas juga menciumi lutut orang yang telah melahirkannya. Ia merasa kembali suci setelah bertemu ibunda dan menginjak tanah kelahirannya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut