get app
inews
Aa Read Next : Songsong Revolusi Industri 5.0, Sosialisasi Literasi Digital Digencarkan di Ponpes Palembang

Humor Gus Dur: Tim Sepakbola Korsel di Latih Orang dari NU, Ini Ternyata?

Sabtu, 01 Januari 2022 | 06:48 WIB
header img
Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Blitar.iNews.id Almarhum Gus Dur selalu memiliki humor yang segar dan membuat orang terbahak. Meskipun demikian, banyak banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap humor tokoh bernama asli KH Abdurrahman Wahid ini.

 

Salah satunya saat Gus Dur mengatakan, satu pelatih sepak bola berasal dari Nahdlatul Ulama (NU). Hal ini membuat heran dan menimbulkan pertanyaan. Apakah Gus Dur serius atau tengah memainkan humor saja?

 

Seperti dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur, dalam suatu kompetisi sepak bola Piala Dunia 2002, Tim Korea Selatan (Korsel) mencetak prestasi luar biasa dengan mengalahkan tim Italia di babak perdelapan final, yang dilansir dari Okezone.com

 

Menurut Gus Dur, ternyata prestasi Korsel itu tidak terlepas dari 'sumbangan' NU, karena pelatihnya bernama Guus Hiddink.

 

Sebutan 'Gus' adalah (panggilan) untuk anak-anak 'darah biru' di Jawa Timur, baik anak-anak kiai di pondok pesantren atau anak-anak priyayi Jawa. Asal-usulnya dari kata 'Raden Bagus', yaitu sebutan untuk priyai kecil, diubah menjadi 'Den Bagus' dan akhirnya 'Gus' saja.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut