500 Perangkat Desa dari Kabupaten Blitar ke Jakarta, Mau Apa ?

Robby/Azis
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 21:00 WIB
500 Perangkat Desa Kabupaten Blitar Berangkat Ke Jakarta

BLITAR, iNewsBlitar.id - Sebanyak 500 perangkat desa dari Kabupaten Blitar berangkat ke Jakarta. Mereka berangkat dengan menggunakan delapan bus dan tujuh elf dari Gedung DPRD Kabupaten Blitar, Selasa (24/01/2023).Mereka ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasinya di Kantor DPR RI pada Rabu (25/01/2023). 

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Blitar, Supri Ariadi mengatakan, jika aksi kali ini sebagai ajang silaturahmi nasional (Silatnas) PPDI Jilid 3. Silatnas ini merupakan aksi solidaritas antar perangkat desa yang tergabung dalam PPDI di seluruh Indonesia.

Dijelaskan, jika dalam aksi Silatnas nanti PPDI aku melakukan sejumlah tuntutan di gedung DPR RI. Mereka juga akan menggelar long march dari gedung DPR RI menuju gedung Putih Istana Kepresidenan.

Ada sejumlah tuntutan yang mereka usung dalam aksi kali ini. Sejumlah tuntutan perangkat desa ini, seperti tuntutan mengenai penghasilan tetap (Siltap), gaji ke 13 dan gaji ke 14.

 Kepastian status perangkat desa, termasuk hak-haknya, perangkat desa Kabupaten Blitar. Selain itu, mereka juga meminta Surat Keputusan (SK) perangkat desa langsung dari Bupati. 

Terakhir, Supri Ariadi menyebutkan jika pengalokasian Siltap terhadap perangkat desa saat ini masuk didalam anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Pihaknya juga menyebutkan jika pencairan siltap sering tertunda tiga sampai empat bulan. 

Pihaknya mengeluhkan pencairan siltap yang lambat mengganggu kebutuhan keluarga setiap bulannya, sehingga perangkat desa meminta siltap diberikan secara rutin dan tepat waktu. 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini