Eko Kuntadhi Dimaafkan dan Tak Jadi Dipolisikan

Miko Agung
.
Jum'at, 16 September 2022 | 09:39 WIB
Eko Kuntadhi minta maaf ke Ning Imaz dan Ponpes Lirboyo (Foto: Afnan Subagio)

KEDIRI,iNewsBlitar - Eko Kuntadhi memenuhi janji mendatangi Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur setelah kegaduhan yang dilakukannya di media sosial.  

Eko yang juga sudah mundur dari ketua umum Ganjarist, yakni relawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, menyampaikan maaf atas video tausiyah Ning Imaz yang dirisaknya di media sosial.

Ditemani Muhammad Guntur Romli, permintaan maaf Eko Kuntadhi dikemukakan langsung di depan Ning Imaz Fatimatus Zahro dan keluarga besar Pondok Lirboyo.    

Eko mengakui kesalahannya. Kedatangannya ke Lirboyo untuk meminta maaf karena merasa memiliki kesalahan, dan kesalahan tersebut tidak ada alasan. Ia juga mengatakan pihak Ponpes Lirboyo telah menerimanya dengan baik.

 

“Saya datang ke Ponpes Lirboyo ini untuk meminta maaf secara langsung atas kesalahan yang telah saya lakukan, saya mengucapkan terima kasih kepada Ning Imaz dan keluarga besar Ponpes Lirboyo yang telah menerima permintaan maaf saya, nantinya persoalan ini akan menjadi pembelajaran buat kita semua untuk saring sebelum sharing di media sosial,” jelas Eko Kamis sore (15/9/2022).

 

Ning Imaz secara pribadi menyatakan sudah menerima permohonan maaf Eko Kuntadhi. Namun ia berharap persoalan yang terjadi bisa menjadi pelajaran berharga, bahwa perbedaan pandangan tidak membuat seseorang harus menghina dan mencaci maki.

 

“Atas petunjuk Masyayikh, saya secara personal memaafkan, harapannya hal ini bisa menjadi introspeksi untuk kita semua agar lebih berhati-hati dalam bersikap, dan apapun yang orang lain yakini patut dihargai,” tutur Ning Imaz

 

Kiai Oing Abdul Muid, perwakilan pengasuh Pondok Lirboyo mengatakan, pertemuan antara Eko Kuntadhi dengan Ning Imaz yang disaksikan keluarga Ponpes Lirboyo, menghasilkan enam poin kesepakatan.

 

1.Eko Kuntadhi meminta maaf dan menyampaikan penyesalan atas unggahan di media sosial yang berisi cacian dan ujaran kebencian terhadap salah satu dzuriyah Ponpes Lirboyo.

 

2. Eko Kuntadi mengakui kesalahan dan kekhilafan pada unggahan tersebut serta siap bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan.

 

3. Sebagai bentuk tanggung jawab Eko Kuntadhi menyampaikan permohonan maaf secara terhadap Ning Imaz dan keluarga serta siap menyampaikan maaf secara terbuka melalui media.

 

4. Ning imaz atas petunjuk Masyayikh Ponpes Lirboyo telah menerima permohonan maaf dari eko kuntadhi.

 

5. Ponpes Lirboyo meminta dan berharap kepada Eko Kuntadhi untuk menjadikan persoalan ini menjadi pembelajaran untuk bijak dan santun dalam bermedia sosial. 

 

6. Ponpes Lirboyo berharap agar medsos tidak dijadikan sarana untuk menyampaikan ujaran kebencian namun untuk menyampaikan hal yg bermanfaat.

 

“Dalam pertemuan tersebut terdapat 6 kesepakatan, intinya Eko tanpa alasan menyatakan dirinya bersalah dan menyampaikan permohonan maaf, dan Ning Imaz telah memaafkan, dan yang terpenting persoalan ini bisa menjadikan Eko untuk santun dalam bermedia sosial,” jelas Oing Abdul Muid.

 

Sementara Eko Kuntadhi saat disinggung atas posisinya sebagai ketua umum Ganjaris, dirinya telah menyatakan mundur, sehingga berharap persoalan ini tidak dikait-kaitkan lagi, karena persoalan ini tidak ada hubungannya dengan siapapun, dan konsekuensi dan resikonya, dirinya yang bertanggung jawab.

Editor : Solichan Arif
Bagikan Artikel Ini