get app
inews
Aa Read Next : 5 Pesilat Muda Ditangkap Usai Bacok 2 Warga, 2 Anak-anak

Kisah Guru Honorer Kediri yang Habiskan Gaji Rp200 Ribu Untuk Keperluan Belajar Siswa Miskin

Rabu, 14 September 2022 | 11:32 WIB
header img
Guru honorer di Kediri habiskan gaji untuk belikan siswa miskin sepatu baru. Foto: Afnan/SINDOnews

KEDIRIiNewsBlitar.id– Perbuatan mulia seorang guru honorer di Kabupaten Kediri, Jawa Timur terhadap anak didiknya, viral di media sosial.

Meski hanya bergaji Rp200 ribu, ia rela memakai seluruh gajinya untuk membantu keperluan siswanya yang tidak mampu.

Gaji minimalis itu ia belanjakan sepatu baru, seragam serta dasi untuk siswanya.  Marga Chista, nama guru tersebut. Dia mengajar di SD Tiru Lor Dua, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Melihat kondisi siswanya yang miskin, yakni sehari-hari tidak memakai sepatu serta mengenakan dasi yang sudah kendur, Marga merasa prihatin.

"Saya tidak tega melihat ada murid saya ke sekolah tidak memakai sepatu, dengan alasan sepatutnya sudah kekecilan dan dasinya sudah kendur,” katanya, kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).

Sementara Reza Ardiansyah, siswa miskin yang menerima sepatu baru dari guru Marga Chista mengaku, terpaksa memakai dasi kendur setiap hari dan tidak memakai sepatu ke sekolah karena tidak punya biaya.

“Ayah saya bekerja sebagai buruh tani, ibu TKW. Saya sangat senang dapat sepatu baru, bisa seperti teman yang lainnya. Saya akan lebih semangat belajar dan pergi ke sekolah,” sambungnya.

Marga Chista telah menjadi guru honorer di sekolah itu baru 1 tahun setengah. Hingga saat ini, sudah ada 20 siswanya yang dibelikan perlengkapan sekolah, mulai dari sepatu baru, buku tulis, seragam, dasi dan topi.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut