get app
inews
Aa Read Next : Dukungan Prabowo-Gibran di Kediri Menguat, LMDH Bolone Mase Gelar Deklarasi Kemenangan

Belajar Palsukan BBM via Youtube, IS Raup Jutaan Perbulan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:09 WIB
header img
Polisi Menunjukan Bukti BBM Palsu

BLITAR, iNewsBlitar- Is (45) Warga Desa Binangun, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar diamankan Satreskrim Polres Blitar karena memalsukan BBM. Ia merubah tampilan BBM jenis pertalite menjadi premium.

Aksinya ini dilakukan karena banyaknya permintaan warga untuk menggunakan BBm jenis premium. Bahkan harga jula premium lebih tinggi jika dibandikan dengan pertalite. 

IS biasanya membeli pertalite di SPBU dan merubahnya dengan cara memberi pewarna kimia. Tidak tanggung-tanggung, dalam sehari, Ia dapat meraup untung mulai Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. "Tidak pasti, biasanya sekitar 150 ribu sampai 200 ribu," ungka IS di Mapolres Blitar, Selasa (30/08/2022).

Aksi merubah pertalite menjadi premium ini sudah dilakukan selama satu bulan terkahir. Ia menjual pada orang yang lebih memilih premium. Sejumlah toko pengecer memilih membeli premium karya IS dibandingkan membeli pertalite yang asli.  "kalau pertalite itu ngandat di motor, orang lebih memilih premium," ungkapnya.

Is mengaku belajar merubah pertalite menjadi premium ini dari media sosial youtube. "Dari youtube mas belajarnya," tegasnya. 

Untuk premium di Desa Binangun justru lebih tinggi harganya, yakni Rp 12 ribu perliter. Untuk pertalite harga jualnya Rp 10 ribu perliternya. Tingginya minat warga untuk menggunakan premium inilah yang dimanfaatkan oleh IS.

kapolres Blitar, AKBP Aditya Panji Anom mengatakan, bahwa terungkapnya kasus ini karena adanya laporan warga. Dari pengrebekan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Blitar ditemukan 1.500 liter BBM. Tidak hanya itu, Petugas mengamankan puluhan jirigen dan satu mobil mini bus.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, IS akan dijerat dengan pasal 55 Undang- undang Migas dengan ancaman enam tahun penjara.


 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut