get app
inews
Aa Read Next : Pertama Kalinya di Pemilu 2024 Ahok Berani Kritik Jokowi

Reaksi Ahok Setelah Harga Pertalite dan Pertamax Naik

Selasa, 06 September 2022 | 09:05 WIB
header img
Komisaris PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto; Ahok)

JAKARTA,iNewsBlitarBasuki Tjahaja Purnama atau Ahok menanggapi kenaikan harga BBM subsidi  jenis Pertalite dan Solar serta nonsubsidi Pertamax. Tanggapan Ahok yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu, setelah pemerintah resmi menaikkan harga BBM subsidi.

Kenaikan harga BBM subsidi harus dilakukan mengingat gejolak yang terjadi pada harga minyak mentah dunia. Di sisi lain, data menunjukkan penyaluran BBM subsidi yang sebelumnya 70% dinikmati oleh masyarakat mampu, sehingga dinilai tidak tepat sasaran.

“Mohon maaf bisa ke dirut (Direktur Utama),” kata Basuki saat dihubungi MNC Portal, Minggu (4/9/2022).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kenaikan harga BBM bersubsidi tidak akan menjamin penyalurannya menjadi tepat sasaran.

Dia bahkan menyebut BBM subsidi itu nantinya masih akan dinikmati oleh masyarakat mampu

“Dana subsidi ini memang masih akan dinikmati oleh mereka yang punya mobil. Jadi memang subsidi yang melalui komoditas, seperti BBM, tidak bisa dihindarkan pasti dinikmati kelompok yang memiliki kendaraan yang mengonsumsi subsidi tersebut,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dia menjelaskan saat ini pemerintah mulai mengalihkan sedikit demi sedikit subsidi energi itu dengan memperbesar anggaran bantuan sosial (bansos).

Hal tersebut ditandai dengan adanya penambahan anggaran sebagai bantalan sosial sebesar Rp24,17 triliun pada tahun ini sebagai pengalihan anggaran subsidi BBM.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut