Catat, Ini Penting! Dana Peserta BPJS Ketenagakerjaan Diinvestasikan ke 13 BUMN Ini

Ahmad Gozali
Dana BPJS Ketenagakerjaan Diinvestasikan ke 13 BUMN yang ada di Indonesia.(Sumber/dok okezone.com)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Masyarakat Indonesia harus mengetahui, khususnya para pekerja. Selama ini ternyata dana BPJS Ketenagakerjaan itu dikembangkan atau diinvestasikan dalam bentuk SBN, deposito berjangka hingga saham. Ini dilakukan, sebelum pada akhirnya peserta bisa mengklaim BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan piutang kepada sejumlah BUMN. Kurang lebih ada 13 BUMN yang tercatat diberikan piutang oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasian BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019, Kamis 24 Februari 2022 terdapat daftar investasi jangka pendek perusahaan tahun 2019. Di dalamnya ada rincian dana yang diinvestasikan ke dalam berbagai instrumen, salah satunya saham. Pada instrumen saham tersedia untuk dijual, terdapat saham pihak berelasi dan saham pihak ketiga. Adapun, pihak berelasi adalah orang atau entitas yang terkait dalam menyiapkan laporan keuangan.

Di bagian saham pihak berelasi, terdapat 13 BUMN yaitu Aneka Tambang (Antam), Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Jasa Marga, Krakatau Steel, Perusahaan Gas Negara (PGN), Semen Indonesia, PT Bukit Asam, Telkom, PT Timah dan Wijaya Karya dengan jumlah lembar 479.748.138.

Kemudian, untuk pihak ketiga terdiri dari 14 perusahaan, yakni Adaro Energy, Astra Argo Lestari, Astra International, BCA, PT Bumi Serpong Damai, PT Indon Tambang Raya Megah, PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Indofood Sukses Makmur, PT Kalbe Farma, PT PP London Sumatera Indonesia, PT Salim Ivomas Pratama, PT Unilever Indonesia, dan PT Vale Indonesia.

Selain itu, tercatat perusahaan yang juga memiliki piutang, yaitu GMF AeroAsia, Nindya Karya, Pelindo II, PT Indonesia Comnets Plus, BRI dan PT PP dengan total piutang Rp12,38 miliar pada 2019 dan Rp5,54 miliar pada 2018.

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network